Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014 / David Christian / 38100352 / Pembimbing : Prima Apriwenni

Christian, David (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014 / David Christian / 38100352 / Pembimbing : Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RESUME SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Ukuran perusahaan (size), Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas mempunyai pengaruh positif terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan proses pengkomunikasian informasi keuangan dan non keuangan yang berkaitan dengan interaksi organisasi dengan lingkungan sosialnya. Salah satu teori kecenderungan pengungkapan sosial, yaitu teori agensi menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan syarat akuntabilitas manajemen kepada pemiliknya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur khususnya manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014. Berdasarkan metode purposive sampling , sampel yang diperoleh adalah 76 perusahaan pada periode 2013-2014 sehingga memperoleh 152 data observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan software SPSS 22.0. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, uji regresi simultan (F -test) menunjukkan bahwa variabel ukuran (size) perusahaan, profitabilitas, leverage, dan likuiditas secara simultan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Dan hasil uji parsial (t - test) menunjukkan bahwa variabel ukuran (size) perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sedangkan leverage, dan likuiditas memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kesimpulan : Variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan variable likuiditas dan leverage tidak cukup bukti berpengaruh terhadap luas tanggung jawab sosial.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Akuntansi-Aspek Lingkungan dan Sosial; Etika dan Kontribusi Perusahaan; Interaksi Sosial; Tanggung Jawab Sosial; Laba; Akuntansi Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting - Information Systems
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:45
Last Modified: 14 Feb 2022 06:45
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item