Christian, David (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014 / David Christian / 38100352 / Pembimbing : Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (863kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Ukuran perusahaan (size), Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas mempunyai pengaruh positif terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan proses pengkomunikasian informasi keuangan dan non keuangan yang berkaitan dengan interaksi organisasi dengan lingkungan sosialnya. Salah satu teori kecenderungan pengungkapan sosial, yaitu teori agensi menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan syarat akuntabilitas manajemen kepada pemiliknya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur khususnya manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014. Berdasarkan metode purposive sampling , sampel yang diperoleh adalah 76 perusahaan pada periode 2013-2014 sehingga memperoleh 152 data observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan software SPSS 22.0. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, uji regresi simultan (F -test) menunjukkan bahwa variabel ukuran (size) perusahaan, profitabilitas, leverage, dan likuiditas secara simultan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Dan hasil uji parsial (t - test) menunjukkan bahwa variabel ukuran (size) perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sedangkan leverage, dan likuiditas memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kesimpulan : Variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan variable likuiditas dan leverage tidak cukup bukti berpengaruh terhadap luas tanggung jawab sosial.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi-Aspek Lingkungan dan Sosial; Etika dan Kontribusi Perusahaan; Interaksi Sosial; Tanggung Jawab Sosial; Laba; Akuntansi Keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting - Information Systems H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 06:45 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 06:45 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2831 |
Actions (login required)
View Item |