Bahagia, Dewi Aswita (2015) Audit Operasional Fungsi Penjualan Mobil Pada PT. X bulan April – Juni tahun 2015 / Dewi Aswita Bahagia / 34110082 / Pembimbing : Hanif Ismail. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SMPULAN DAN SARAN.pdf Download (863kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (957kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
|
Text
RESUME.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fungsi yang paling utama dalam perusahaan adalah penjualan. Keberlangsungan suatu perusahaan sangat bergantung pada fungsi ini. Jika penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dikelola sangat baik maka perusahaan tersebut akan mendapatkan laba yang optimal. Menyadari betapa pentingnya kegiatan penjualan dalam suatu perusahaan, baik itu tunai ataupun yang menghasilkan piutang usaha secara efektif dan efisien. PT. X yang salah satu cabangnya berada di kota Bekasi Barat bergerak di bidang otomotif. Perusahaan ini menjual produk barang dan jasa. Penjualan yang dilakukan pada PT. X tersebut terdiri dari 3 S yaitu Sales, Sparepart, dan Service. Permasalahan yang terjadi di perusahaan ini adalah prosedur standar operasional penjualan yang tidak dijalankan secara benar dalam operasional nyata di perusahaan. Audit Operasional adalah pengevaluasian tentang efisiensi, efektifitas, dan ekonomis terhadap prosedur operasi standar yang diterapkan dalam organisasi. Audit operasional lebih berkonsentrasi pada efektifitas dan efisiensi. Efektifitas mengukur keberhasilan atas suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran. Efisiensi mengukur seberapa baik suatu entitas dalam menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuannya. Objek penelitian secara khusus dalam penelitian ini adalah fungsi penjualan mobil PT. X. variable yang digunakan penulis adalah prosedur standar operasional, serta perbandingan antara anggaran penjualan mobil dan realita penjualan mobil selama bulan April sampai Juni 2015. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara tidak tersturktur, dan pertanyaan terstruktur. Setelah data-data terkumpul maka data-data tersebut dianalisis. Temuan utama yang terdapat pada perusahaan adalah tidak memiliki flowchart penjualan mobil secara tertulis di dalam perusahaan, beberapa sales ada yang belum menguasai product knowledge, tidak ada rotasi karyawan, tidak semua karyawan melakukan pekerjaannya dengan tanggung jawab, daya beli masyarakat menurun karena rupiah melemah, pengiriman tidak selalu dilakukan secara tepat waktu, dan tidak terdapat cctv dalam hal pengamanan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan operasional fungsi penjualan mobil PT. X berjalan dengan efektif tetapi tidak efisien. Pada bagian akhir, penulis memberikan saran atas kegiatan operasional penjualan perusahaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditing; Akuntansi-Manajemen |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 05:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 05:27 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |