Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen yang di Mediasi oleh Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia / Catherine Cahyadi / 78170165 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina

Cahyadi, Catherine (2021) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen yang di Mediasi oleh Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia / Catherine Cahyadi / 78170165 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (694kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (852kB)

Abstract

Kegiatan menjual dan membeli barang dilakukan hingga pada era modern ini. Teknologi yang berkembang pesat, membuat kegiatan berbelanja dapat dilakukan dengan mengakses internet. Marketplace merupakan tempat secara daring dimana penjual dikumpulkan untuk menjual produk baik barang maupun jasa. Shopee merupakan aplikasi berbelanja secara daring yang menawarkan berbagai produk untuk melengkapi kebutuhan manusia. Pada kuartal III di tahun 2020, marketplace yang memiliki jumlah pengunjung situs tertinggi di Indonesia diraih oleh Shopee dengan jumlah pengunjung 96,5juta. Kesuksesan Shopee membuat peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh keputusan pembelian pada marketplace Shopee Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori-teori dari para ahli dan sumber untuk menopang penelitian ini. Selain itu, didukung dengan penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki teori hubungan yang sesuai dengan penelitian ini. Obyek dalam penelitian ini adalah Shopee Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pengguna/pelanggan yang melakukan pembelian produk minimal 1x pada marketplace Shopee Indonesia selama 6 bulan terakhir. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah metode komunikasi dengan cara mengumpulkan kuesioner elektronik melalui media Google Forms dengan jumlah responden sebanyak 500 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah PLS-SEM (Partial Least Squares - Structural Equation Model) dengan menggunakan SmartPLS 3.3.3 dan SPSS 26.0 untuk uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menujukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen kualitas produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Shopee Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Harga; Kualitas Produk; Promosi; Keputusan Pembelian; Loyalitas Konsumen; kegiatan berbelanja; Marketplace; aplikasi berbelanja; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business - Success
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:05
Last Modified: 19 Aug 2022 08:05
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item