Strategi Komunikasi Persuasif Antar Personal Agen Dalam Meyakinkan Nasabah Produk Asuransi / Rahmat Thomas Samuel / 65110212 / Pembimbing: Imam Nuraryo

Samuel, Rahmat Thomas (2016) Strategi Komunikasi Persuasif Antar Personal Agen Dalam Meyakinkan Nasabah Produk Asuransi / Rahmat Thomas Samuel / 65110212 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

Strategi komunikasi persuasif agen prudential kepada calon nasabahnya dalam membeli produk asuransi di tengah buruknya media yang berdampak kepada asuransi. Penelitian ini dilakukan langsung kepada agen prudential dan nasabah prudential. Penelitian ini berbicara mengenai bagaimana di satu sisi nasabah membeli produk asuransi, di sisi lain mendengar dampak buruk media terhadap asuransi. Dampak buruk kepada media tentu menjadi hambatan dan tantangan bagi agen asuransi dalam menyampaikan produk asuransi kepada nasabah. Teori yang dilakukan pada penelitian ini adalah teori AIDA dalam mempersuasi seseorang untuk mengikuti keinginan komunikatornya. AIDA kepanjangan dari Attention, Interest, Desire, Action (Perhatian, Daya tarik, Keinginan, aksi), dan hal tersebut dilakukan oleh agen prudential dalam mempersuasi nasabahnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Alasannya karena penelitian ini mengungkap fakta, dan keadaan yang terjadi di lapangan yang didapat melalui sumber informan di tengah buruknya media yang berdampak kepada asuransi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam sebagai data primer, yakni tanya jawab kepada informan sebagai sumber yang terlibat dalam bidang asuransi yang relatif lama. Wawancara mendalam dilakukan kepada 2 agen prudential dan 2 nasabah prudential sebagai informan. Melihat buruknya media kepada asuransi, pandangan agen prudential tentang hal ini tidak mengalami perubahan, justru mereka dapat menjelaskan secara seksama kepada nasabahnya. Penjelasan yang dilakukan adalah melalui fakta yang sebenarnya terjadi, karena kebanyakan media yang diberikan bersifat opini, sehingga mereka percaya kepada agen prudential, dan keburukan media tidak lagi mempengaruhi. Strategi agen prudential dalam memberikan rasa ingin dan mendorong nasabah untuk membeli asuransi adalah dengan memberikan kebutuhan nasabah menjadi suatu keinginan melalui presentasi yang dilakukan agen mengenai asuransi Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan, bahwa nasabah masuk karena tiga hal. Pertama adalah kepercayaan penuh terhadap agennya. Kedua adalah kekuatan perusahaan asuransi tersebut. Ketiga adalah kebutuhan yang dibutuhkan nasabah pada saat itu. Ketiga hal tersebut penting, namun yang terbesar kepentingannya dan menjadi inti dari semuanya adalah sistem kepercayaan nasabah kepada agennya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Persuasif; Attention; Interest; Desire; Action; Antar Personal; Produk Asuransi; Prudential Assurance
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:37
Last Modified: 05 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item View Item