Mandasari, Rika (2016) Rencana bisnis pendirian usaha roti bakar R2 / Rika Mandasari / 77120016 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN)
BAB 2.pdf - Published Version Download (957kB) |
|
Text (BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING)
BAB 3.pdf - Published Version Download (800kB) |
|
Text (BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN)
BAB 4.pdf - Published Version Download (831kB) |
|
Text (BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL)
BAB 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA)
BAB 6.pdf - Published Version Download (681kB) |
|
Text (BAB VII RENCANA KEUANGAN)
BAB 7.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA)
BAB 8.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
|
Text (BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF)
BAB 9.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nama perusahaan yang akan didirikan oleh penulis adalah R2 yang terletak di Ruko Permata Taman Palem Blok B3 No. 28, Cengkareng, Jakarta Barat. Memiliki alamat email ropangr2@yahoo.com, facebook : RopangR2, dan instagram : RopangR2_ID. R2 direncanakan akan menggunakan konsep kafe tenda yang terletak di pinggir jalan sehingga akan mempermudah konsumen untuk menemukan R R 2 adalah roti panggang, kentang goreng, dan minuman. 2 . Menu yang disediakan oleh Dengan melihat adanya pergerakan zaman yang mengarah pada kebutuhan manusia akan sesuatu yang baru dan kreatif mengakibatkan konsumen cenderung menjadi cepat bosan terhadap produk-produk lama sehingga akan menciptakan alternatif-alternatif pasar yang potensial. Oleh karena itu, R 2 akan menyediakan beberapa varian roti, rasa, dan topping sehingga pelanggan bisa memilih sendiri sesuai dengan keinginan mereka dan diharapkan dapat menciptakan cita rasa yang baru. Visi dari R 2 adalah: “Menjadikan R memuaskan para konsumen”. Misi dari R 2 adalah sebagai berikut : a. Mengutamakan kualitas dalam produk makanan. b. Berorientasi kepada kepuasan konsumen. 2 sebagai usaha roti bakar terkenal dan c. Mengembangkan inovasi – inovasi produk dan pelayanan untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Produk yang ditawarkan oleh R jenis varian rasa, dan 8 jenis topping. R iv 2 2 adalah roti bakar yang terdiri dari 3 macam roti, 8 juga menjual French Fries dan minuman. . Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis, terdapat beberapa pesaing langsung yang akan dihadapi oleh R yang letaknya cukup dekat dengan lokasi pendirian R Target pasar dari R 2 2 , yaitu Rocca Roppang Cafe dan Roti Bakar 88 2 . adalah masyarakat yang memiliki gaya hidup yang suka nongkrong, berdomisili di daerah sekitar Cengkareng, dan memiliki kelas sosial menengah. Untuk mencapai target pasar yang sudah ditentukan, strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah mempromosikan R update di media sosial. 2 dengan cara menyebarkan brosur, pemasangan spanduk, dan Dana sebesar Rp. 86.781.250,- yang akan dialokasikan R 2 untuk kas senilai Rp.25.000.000,-, biaya sewa tempat usaha sebesar Rp.18.000.000,-, membeli peralatan sebesar Rp.15.836.900,- membeli perlengkapan sebesar Rp.9.859.200,-, dan membeli bahan baku sebesar Rp. 18.085.150,-. Proyeksi penjualan pada tahun 2017 yaitu tahun pertama beroperasinya R sebesar Rp. 509.466.000,- dengan laba kotor sebesar Rp. 16.166.620,-. Pajak yang harus dibayarkan pada tahun ini adalah sebesar Rp. 5.094.660,-. Sehingga dapat diperkirakan bahwa laba bersih (EAT) yang dihasilkan oleh Ropang R Rp. 11.071.960,-. Pada tahun 2017 BEP terjadi pada tingkat penjualan Rp. 479.557.533,-, pada tahun 2018 BEP terjadi pada tingkat penjualan Rp. 524.436.362,-, pada tahun 2019 BEP terjadi pada tingkat penjualan Rp. 577.800.072,-, pada tahun 2020 BEP terjadi pada tingkat penjualan Rp. 640.686.230,-, pada tahun 2021 BEP terjadi pada tingkat penjualan Rp. 714.578.012,-. Nilai NPV positif selama 5 tahun sebesar Rp. 184.441.758,-. Hasil NPV positif ini menunjukkan hasil investasi lebih besar dari tingkat pengembalian yang diminta. Penilaian investasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dilakukan dengan menghitung Internal Rate of Return yaitu sebesar 57,59% lebih dari 13.01% yang berdasarkan tingkat suku bunga pinjaman. Bisnis ini juga mampu memperoleh investasi awalnya kembali dalam kurun waktu 2 Tahun 3 bulan dan 23 hari, maka dapat disimpulkan bahwa usaha R 2 ini layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bisnis; Makanan dan minuman; Roti; R2 |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 07:39 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
View Item |