Komodifikasi Konten Diferensiasi Religi dalam Film Cinta Beda Agama / Adeline Adella / 67170339 / Pembimbing: Altobeli Lobodally

Adella, Adeline (2021) Komodifikasi Konten Diferensiasi Religi dalam Film Cinta Beda Agama / Adeline Adella / 67170339 / Pembimbing: Altobeli Lobodally. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (809kB)

Abstract

Diferensiasi religi merupakan sebuah topik yang kerap kali menjadi perbincangan dan juga problematika di masyarakat, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembuat film karena dapat dijadikan sebagai peluang yang dapat memberikan keuntungan besar bagi pembuat film itu sendiri. Diferensiasi religi membuat masyarakat antusias untuk menyampaikan pendapat mereka berdasarkan religinya masing-masing. Hal ini secara tidak sadar digunakan oleh para pembuat film yang paham akan ketertarikan masyarakat saat berpendapat mengenai religi, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk menonton film tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar praktik-praktik komodifikasi yang muncul dalam film pendek “Cinta Beda Agama”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan tiga unsur analisis yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Bahan penelitian yang digunakan adalah film pendek “Cinta Beda Agama” yang tayang di YouTube. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi sebagai sumber data primer, serta buku-buku dan literatur elektronik sebagai data sekunder. Peneliti menemukan bahwa diferensiasi religi dapat diartikan sebagai sebuah gaya hidup, penyembahan terhadap para Dewa, sarana permohonan, ambiguitas, sumber keraguan, identitas, bentuk pelayanan, hukum, penghalang, prioritas, hak antar sesama umat beragama, dan sebagai sebuah fenomena budaya universal. Diferensiasi religi telah mengalami praktik komodifikasi sehingga menjadi sebuah ladang keuntungan bagi pembuat film yang kemudian dikemas dalam bentuk produk komunikasi massa di era digital seperti saat ini. Diferensiasi religi yang pada awalnya dinilai atas fungsinya kini ditransformasikan dalam film pendek “Cinta Beda Agama”. Hal ini dapat disebut sebagai sebuah upaya untuk menghasilkan keuntungan dalam bentuk daya tarik bagi masyarakat yang gemar membahas topik terkait religi, sehingga meningkatkan keuntungan materi dan finansial bagi pemilik channel YouTube tersebut. Kata Kunci: komodifikasi, diferensiasi religi, semiotika, film pendek.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; Komunikasi Massa; Diferensiasi Religi; Semiotika Roland Barthes; Denotasi; Konotasi; Mitos; Film pendek; Cinta Beda Agama
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:58
Last Modified: 14 Dec 2022 07:58
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item