Abong, Hansen (2021) Pengembangan Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web (Studi Kasus: Hotel Pullman Bandung) / Hansen Abong / 54170279 / Pembimbing: Budi Wasito. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (653kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (500kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Dengan adanya perkembangan teknologi, semakin banyak persaingan industri yang terjadi. Karena adanya persaingan ini, maka industri membutuhkan sistem yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Saat ini, restoran pada Hotel Pullman Bandung masih menggunakan cara manual dalam memesan makanan dan tidak adanya informasi lengkap terkait menu makanan yang tersedia. Belum adanya juga sistem pencatatan data transaksi makanan, data laporan pendapatan, harga bahan, dan profit sebagai fitur tambahan untuk meningkatkan mutu dari sistem pemesanan makanan pada restoran yang tersedia dari hotel. Penelitian ini menggunakan aturan emas dalam perancangan antarmuka pengguna untuk tampilan sistem berbasis web sebagai landasan awal penelitian. Metode perancangan aplikasi yang digunakan adalah metode model, view, dan controller. Web yang dirancang untuk penelitian jenis web content management system. Perhotelan sendiri merupakan tempat yang memiliki bagian dengan fungsi tersendiri, seperti konvensi dan pameran, dan restoran. Pada sistem yang sedang berjalan, pemesanan makanan masih menggunakan metode manual. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara tak terstruktur. Untuk metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil implementasi adalah sebuah sistem pemesanan makanan yang dapat diakses oleh tamu hotel, kasir, dan admin. Tamu dapat memesan makanan dengan sendirinya dan kasir akan mengkonfirmasi order tersebut. Pengujian sistem yang dilakukan menggunakan metode Black Box Testing untuk memastikan bahwa fitur dan tombol yang sudah diimplementasikan dapat berjalan dengan lancar. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah tamu sudah bisa memesan makanan berbasis web. Selain pemesanan makanan berbasis web, ketersediaan informasi menu makanan yang ditampilkan pada web sudah lengkap termasuk gambar, deskripsi, dan stok yang ada. Fitur yang dilengkapi untuk admin yaitu dapat melihat data history transaksi makanan dan laporan pendapatan. Admin juga dapat memantau ketersediaan makanan yang ada. Kata Kunci: Sistem Pemesanan Makanan, Web, Hotel, Pengembangan
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman; Berbasis Web; Hotel Pullman Bandung; metode model; view; controller; web content management system |
Subjects: | W Computer Science > Web Based - Decision Support Systems (DSS) W Computer Science > Database Management W Computer Science > Database Security |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 08:44 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 08:44 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3622 |
Actions (login required)
View Item |