Untario, Hanna (2021) Perilaku Konsumen Muda Layanan Video on Demand (VoD) Netflix Melalui Smartphone Selama Pandemi Covid-19 di Jakarta / Hanna Untario / 24170350 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (964kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (986kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (846kB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (719kB) |
Abstract
Fenomena pandemi Covid-19 yang terjadi membuat seluruh kegiatan masyarakat dialihkan ke aktivitas digital. Hal ini membuat muncul kebutuhan dan juga keinginan baru akan layanan hiburan yang dapat dinikmati semua kalangan selama dirumah saja. Media sosial & video streaming menjadi alternatif aplikasi yang pertama kali dicoba masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Netflix mengumumkan mendapat peningkatan jumlah pengguna baru hingga 15,8 juta pelanggan berbayar sampai akhir Maret 2020. Sekaligus layanan Video on Demand (VoD) dengan jumlah pengguna tertinggi di Indonesia. Hal ini secara tidak langsung mengindikasikan adanya perubahan perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Narasumber yang dipilih adalah mereka yang menggunakan smartphone, berusia 20-29 tahun, membeli layanan Video on Demand (VoD) Netflix selama pandemi Covid-19 dan berdomisili di wilayah Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisa data yang digunakan adalah narrative analysis dengan interpretatif dan teoritis sebagai uji validitas data. Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelanggan menyadari munculnya kebutuhan terhadap layanan Netflix pada saat pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat cenderung merasa bosan dan mencari alternatif hiburan yang dapat dinikmati selama dirumah saja. (2) Pelanggan mengetahui layanan Netflix dari adanya pengaruh media sosial seperti Instagram dan Tiktok, Youtube, dan juga rekomendasi dari keluarga maupun teman. (3) Perilaku pencarian informasi sebelum melakukan pembelian yakni mencari informasi melalui website Netflix dan situs Google terkait cara penggunaan, cara berlangganan, cara melakukan pembayaran hingga membandingkan dengan produk sejenis. (4) Yang membuat keputusan pembelian dalam penelitian ini diri mereka sendiri. (5) Alternatif lain yang dipertimbangkan sebelum membeli adalah dengan cara membandingkan produk sejenis, kemudian dicari kekurangan serta kelebihannya. (6) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Netflix terdiri faktor internal seperti: hobi, selera dan rasa suka. Sedangkan faktor eksternal meliputi: budaya, gaya hidup, teman, keluarga, produk, harga, ketersediaan produk, kualitas produk dan kualitas layanan. (7) Pelanggan menggunakan Netflix dengan cara membeli dari website Netflix maupun e-commerce, lalu menggunakannya melalui smartphone, TV dan juga laptop. (8) Pengalaman yang dirasakan pelanggan yakni merasa senang, puas dan merasa terbantu karena menghadirkan konten-konten yang bervariasi dan sesuai dengan keinginan penggunanya, serta dilengkapi oleh fitur-fitur yang lengkap. (9) Kepuasan pelanggan Netflix bersifat positif (10) Loyalitas pelanggan Netflix bersifat positif. Disarankan bagi perusahaan Netflix hendaknya memperhatikan faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti: hobi, selera dan rasa suka, serta faktor eksternal meliputi: budaya, gaya hidup, teman, keluarga, produk, harga, ketersediaan produk, kualitas produk dan kualitas layanan agar jumlah pengguna pembelian layanan Video on Demand (VoD) Netflix dapat terus bertambah di masa yang akan datang. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti lebih lanjut terkait sumber informasi yang paling berpengaruh bagi pelanggan Netflix, serta mencari tahu lebih lanjut terkait faktor-faktor internal dan juga eksternal yang tidak terungkap dalam penelitian ini, seperti: usia, pendidikan, pekerjaan, pengalaman masa lalu, kekayaan, sifat/kepribadian dan simpati, status sosial dan juga promosi. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Layanan Video on Demand, Pandemi Covid-19
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen; Video on Demand (VoD); media sosial; Netflix; Smartphone; Pandemi Covid-19; aktivitas digital |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 04:15 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 04:15 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3625 |
Actions (login required)
View Item |