Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011 / Yessie Ayu Novianti / 35090555 / Pembimbing : Mulyani

Novianti, Yessie Ayu (2013) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011 / Yessie Ayu Novianti / 35090555 / Pembimbing : Mulyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (979kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Perusahaan dianggap sebagai lembaga yang banyak memberikan keuntungan bagi masyarakat seperti memberikan kesempatan kerja, menyediakan barang untuk di konsumsi masyarakat, membayar pajak, dan lain-lain. Oleh karena itu perusahaan memperoleh legitimasi untuk bergerak leluasa melaksanakan kegiatannya. Akan tetapi hal ini menimbulkan dampak negative seperti polusi, pencemaran, bahkan banjir dan gempa bumi dianggap akibat dari kegiatan korporasi yang mengeksploitasi bumi secara besar-besaran untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dari sinilah berkembang ilmu akuntansi yang awalnya memberikan informasi pada pihak kedua menjadi pada pihak ketiga, yaitu hubungan antara perusahaan dengan lingkungannya. Pengungkapan tanggung jawab sosial adalah proses pengkomunikasian informasi keuangan dan non-keuangan yang berkaitan dengan interaksi organisasi dengan lingkungan dan lingkungan sosialnya melalui laporan tahunan perusahaan. Ukuran perusahaan adalah gambaran atas besar kecilnya suatu perusahaan yang diukur dari asset yang dimiliki perusahaan. Profitabilitas adalah gambaran tentang keefektifan kinerja manajemen dalam mengelola hasil penjualan dengan laba yang diperoleh. Leverage adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Kepemilikan manajerial adalah presentasi kepemilikan saham yang dimiliki oleh dewan direktur dan dewan komisaris. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan di moderasi oleh kepemilikan manajerial. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori agensi dan teori legitimasi. Teori agensi merupakan sebuah teori yang memberikan penjelasan mengenai hubungan antara prinsipal (principal) dan agen (agent), sedangkan teori legitimasi menjelaskan tentang manfaat atau sumber daya potensial bagi perusahaan untuk bertahan hidup (going concern). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010-2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non-Probability Sampling dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu yang telah ditentukan terlebih dahulu oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 20.0. Temuan penelitian ini adalah ukuran perusahaan terdapat cukup bukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan profitabilitas, leverage, dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi tidak cukup bukti berpengaruh terhadap luas pengungkaan tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial; Variabel Moderating; Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia; Periode 2010-2011
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:48
Last Modified: 12 Jul 2023 03:48
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3807

Actions (login required)

View Item View Item