Chandra, Michael (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada: Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020) / Michael Chandra / 33180100 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (902kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (760kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (622kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (544kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Laporan keuangan menjadi salah satu sarana untuk dapat mengukur kinerja manajemen perusahaan yang diperlukan oleh para investor dalam mengambil keputusan investasi atau kerjasama pada suatu perusahaan. Manajemen laba terjadi ketika manajer menggunakan penilaian dalam pelaporan keuangan dan dalam penataan transaksi untuk mengubah laporan keuangan untuk mempengaruhi beberapa pemangku kepentingan tentang kinerja ekonomi yang mendasari perusahaan atau untuk mempengaruhi hasil kontraktual yang bergantung pada angka akuntansi yang dilaporkan. Manajemen laba dapat dipengaruhi faktor-faktor tertentu. Pada penelitian ini faktor yang akan dibahas adalah Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Teori yang mendasari penelitian ini terdiri dari Teori Agensi, Teori Sinyal dan Teori Akuntansi Positif. Teori agensi merupakan teori yang menjelaskan hubungan antara manajemen dengan pemegang saham untuk melakukan kontrak kerja agar mencapai manfaat yang diharapkan oleh perusahaan. Hubungan keagenan adalah perjanjian dimana satu atau lebih orang (principal) mempengaruhi orang lain (agent) untuk memberikan layanan atas nama principal dan memberi wewenang kepada agent untuk memberikan keputusan yang terbaik bagi principal, sehingga kedua belah pihak akan berusaha untuk semaksimal mungkin mendapatkan keuntungan masing-masing. Teori sinyal menjelaskan bahwa bagaimana seharusnya sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keuangan. Manajer perusahaan akan memberikan informasi melalui laporan keuangan dengan memberikan laba yang lebih berkualitas. Teori Akuntansi Positif adalah teori yang menjelaskan alasan kebijakan akuntansi menjadi suatu masalah bagi perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Terdapat 16 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun. Pengujian yang dilakukan yaitu uji deskriptif, kesamaan koefisien, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh data observasi dapat di-pooling dan lolos uji asumsi klasik. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang menandakan bahwa model penelitian dikatakan layak. Hasil uji t menunjukkan bahwa ukuran perusahaan 0,0015 dengan nilai koefisien -0,045, dan leverage 0,000 dengan nilai koefisien 0,662 semua memiliki nilai signifikansi < 0,05 sehingga tolak Ho. Sedangkan umur perusahaan 0,0005 dengan nilai koefisien -0,004 memiliki nilai signifikansi < 0,05 sehingga tolak Ho dan profitabilitas 0,0755 dengan nilai koefisien 0,397 memiliki nilai signifikansi > 0,05 sehingga tidak tolak Ho. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat cukup bukti bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif, dan leverage berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sementara tidak cukup bukti bahwa umur perusahaan berpengaruh negatif dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ukuran Perusahaan; Umur Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Manajemen Laba; Kinerja Perusahaan; Teori Agensi; Teori Sinyal; Teori Akuntansi Positif; kebijakan akuntansi; Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage ; Bursa Efek Indonesia; periode 2018-2020 |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:50 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:50 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3990 |
Actions (login required)
View Item |