Relevansi Nilai Biaya Penelitian dan Pengembangan serta Biaya Iklan dan Promosi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2011-2020 / Yessy Yuliana / 35180065 / Pembimbing : Carmel Meiden

Yuliana, Yessy (2022) Relevansi Nilai Biaya Penelitian dan Pengembangan serta Biaya Iklan dan Promosi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2011-2020 / Yessy Yuliana / 35180065 / Pembimbing : Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (883kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (973kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (870kB)

Abstract

Relevansi nilai menunjukkan seberapa luas informasi akuntansi yang tersedia mampu mencerminkan nilai perusahaan. Informasi akuntansi dikatakan relevan jika mampu memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan. Selain informasi laba dan nilai buku ekuitas yang menjadi variabel dasar dalam penelitian relevansi nilai, terdapat informasi akuntansi lainnya yang dapat menjelaskan nilai pasar perusahaan. Dalam penelitian ini, informasi akuntansi lainnya yang digunakan adalah biaya penelitian dan pengembangan serta biaya iklan dan promosi yang dapat memberikan manfaat terhadap perusahaan di masa yang akan datang. Teori keagenan menjelaskan bahwa informasi akuntansi yang relevan dapat mengurangi konflik keagenan yang terjadi antara prinsipal dan agen. Teori surplus bersih menjelaskan bahwa selain laba dan nilai buku ekuitas, terdapat informasi akuntansi lainnya yang dapat menjelaskan nilai pasar perusahaan. Teori pasar efisien menjelaskan bahwa pasar akan memberikan reaksi yang cepat terhadap informasi yang relevan. Teori sinyal menjelaskan bahwa informasi yang relevan dapat memberikan sinyal yang mempengaruhi pengambilan keputusan oleh investor. Pendekatan kebermanfaatan keputusan memiliki asumsi bahwa tujuan dasar dari akuntansi adalah untuk membantu proses pengambilan keputusan oleh para pengguna laporan keuangan dengan menyediakan informasi akuntansi yang relevan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan untuk perusahaan-perusahaan di sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2020. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 90 data observasi. Pengujian data menggunakan uji regresi linier berganda dengan SPSS versi 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data dapat diuji secara bersamaan dan telah memenuhi uji asumsi klasik. Nilai koefisien determinasi dari model regresi sebesar 57,1%. Secara individual, biaya penelitian dan pengembangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan, sebaliknya biaya iklan dan promosi terbukti berpengaruh negatif. Informasi biaya penelitian dan pengembangan memiliki relevansi nilai. Investor dapat menggunakan informasi tersebut dalam pengambilan keputusannya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Relevansi Nilai; Biaya Penelitian dan Pengembangan; Biaya Iklan dan Promosi; Nilai Perusahaan; Informasi Akuntansi; Teori Agensi; Teori surplus bersih; Teori pasar efisien; Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia; Periode 2011-2020
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:25
Last Modified: 07 Feb 2023 04:25
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item