Kertanegara, I.Wayan Alvin (2022) Audit Operasional atas Klaim Pasien BPJS di Rumah Sakit Hative Passo Tahun 2021 / I.Wayan Alvin Kertanegara / 34199159 / Pembimbing : Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (739kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (831kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (370kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (432kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (711kB) |
Abstract
Pengajuan klaim dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Kelengkapan dokumen klaim BPJS meliputi rekapitulasi pelayanan dan berkas pendukung pasien yang terdiri dari surat eligibilitas peserta (SEP), resume medis/laporan status pasien/keterangan diagnosa dari dokter yang merawat, dan bukti pelayanan lainya. Ketidaklengkapan dapat menjadi sumber yang menyebabkan suatu klaim ditolak, tertunda (pending), dan terlambat untuk ditagihkan. Berdasarkan data RS Hative Passo per Juni 2021, masih banyak kasus klaim BPJS yang ditolak. Selain klaim yang ditolak, keterlambatan pengajuan klaim juga menjadi gangguan pada kelancaran cash flow Rumah Sakit, yang mempengaruhi tingginya biaya yang dikeluarkan RS dan menimbulkan kerugian. Kebijakan yang diberlakukan oleh manajemen dianggap telah mampu menurunkan jumlah klaim yang ditolak pada tahun 2021, dan mampu menurunkan biaya RS yang terlalu besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kebijakan manajemen terhadap klaim pasien BPJS pada RS Hative Passo di tahun 2021. Untuk mengidentifikasi in-efektifitas dan kelemahan yang ada atas pengendalian manajemen. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber. Dengan melakukan wawancara, observasi dibarengi dengan pemberian kuesioner dan pengisian “tabel checklist”, dan melakukan studi dokumen. Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif dimulai dari survei pendahuluan, penelaahan dan pengujian, pengujian terinci dan pengembangan laporan. Melaporkan temuan dan memberikan rekomendasi. Hasil analisis pada rekapitulasi klaim rawat jalan dan rawat inap tahun 2021, masih terdapat selisih biaya yang besar antara tarif total dan tarif Rumah Sakit yang menjadi kerugian bagi Rumah Sakit. Namun kebijakan manajemen dalam mengendalikan biaya Rumah Sakit yang besar dirasa telah mampu menurunkan tingginya kerugian ini. Kebijkan RS Hative Passo berupa penentuan deadline yang ketat dan lembur terhadap penyusunan klaim BPJS di tahun 2021 sudah mampu menurunkan jumlah klaim yang ditolak dan pending. Dan kebijakan dalam pengendalian biaya juga sudah mempu menurunkan besarnya biaya RS 10% hingga 20%. Dari segi teknologi, aplikasi dan software penunjang (excel, v-claim, e-claim, digital validasi) masih mampu membantu kelancaran penyiapan dan pengajuan berkas klaim BPJS.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audit Operasional; Kebijakan Manajemen; Klaim BPJS; Rumah Sakit; surat eligibilitas peserta (SEP); resume medis; laporan status pasien; keterangan diagnosa; bukti pelayanan; RS Hative Passo; tahun 2021; in-efektifitas; kelemahan pengendalian manajemen |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:23 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:23 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4060 |
Actions (login required)
View Item |