Pengaruh Promosi Penjualan, Ulasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Keputusan Pembelian Belanja Online di Tokopedia / Loki Wijaya / 75180267 / Pembimbing : Muhammad Fuad

Wijaya, Loki (2022) Pengaruh Promosi Penjualan, Ulasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Keputusan Pembelian Belanja Online di Tokopedia / Loki Wijaya / 75180267 / Pembimbing : Muhammad Fuad. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (914kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (641kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mengubah hal tersebut dimana saat ini, konsumen bisa membeli barang tersebut dimana saja dan kapan saja, begitu juga dengan penjual. Tokopedia sendiri merupakan salah satu marketplace karya anak bangsa yang berdiri pada awal tahun 2009, Tokopedia sendiri memiliki visi “Membangun Indonesia yang lebih baik lewat Internet” yang pada saat itu dinilai sebagai pemimpin dalam ranah marketplace online di Indonesia yang mana pada saat itu e-commerce masih kurang dipahami dan digunakan oleh masyarakat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori-teori dari para ahli dan sumber untuk menopang penelitian ini. Teori yang digunakan antara lain definisi promosi penjualan, ulasan pelanggan, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Selain itu, didukung dengan penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki teori hubungan yang sesuai dengan penelitian ini. Obyek dalam penelitian ini adalah Tokopedia. Sampel penelitian ini adalah pengguna/pelanggan yang melakukan pembelian di Tokopedia dalam 1 bulan. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah metode komunikasi dengan cara mengumpulkan kuisioner elektronik melalui media Google Forms dengan jumlah responden sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan SPSS 26.0 untuk uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menujukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, ulasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan tokopedia diharapkan dapat menyusun strategi untuk meningkatkan pembelian pada konsumen dalam sebulan, hal ini terlihat dari pembelian melalui Tokopedia hanya 1 – 3 kali dalam sebulan. Tokopedia diharapkan memberikan feed back kepada konsumen yang memberikan ulasan produk dengan baik dan Tokopedia diharapkan dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah ada. Bagi peneliti selanjutnya memperbaiki keterbatasan yang ada dalam penelitian dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang lebih baik.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan; Ulasan Pelanggan; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian; Market Place; E-Commerce; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics
H Social Sciences > HI Business > Business - Success
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:10
Last Modified: 06 Jan 2023 04:10
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item