Mardji, Tania Monica (2022) AnaIisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan. dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non-Primer yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021 / Tania Monica Mardji / 31180018 / Pembimbing : Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (508kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (679kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (421kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (840kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (466kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Nilai perusahaan menunjukkan bagaimana persepsi investor terhadap perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Nilai perusahaan dicerminkan Oleh harga saham perusahaan. Selain harga saham, nilai perusahaan dapat dilihat dari nilai PBV perusahaan. Jika harga saham meningkat, maka PBV juga akan meningkat. Namun pada tahun 2017, PT Fast Food Indonesia Tbk yang harga sahamnya meningkat dari tahun sebelumnya, memiliki nilai PBV yang lebih kecil dari tahun sebelumnya. Teori yang digunakan adalah agency theory, signalling theory, dan resource-based theory. Teori agency membahas mengenai wewenang yang diberikan kepada manajer untuk mengelola perusahaan dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan. Teori signalling membahas mengenai bagaimana informasi yang disampaikan perusahaan diterima dan diinterpretasi oleh pihak yang dituju. Teori resource-based membahas mengenai pemanfaatan dan peneglolaan sumber daya perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Barang Konsumen Non-Primer yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021 yang tidak mengalami kerugian serta tidak delisting. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling terhadap 136 perusahaan, yang menghasilkan total sampel sebanyak 14 perusahaan selama periode waktu lima tahun, sehingga total observasi yang diperoleh adalah sebanyak 70. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji pooling data, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan uji asumsi klasik, data perusahaan yang digunakan Iolos uji asumsi klasik. Hasil analisis regresi memperoleh nilai -2.064 untuk konstanta, 0.021 untuk Leverage, 0.443 untuk Profitabilitas, 1.629 untuk Ukuran Perusahaan, dan 0.369 untuk Intellectual Capital. Uji F memperoleh nilai F hitung sebesar 9.656 dan nilai signifikansi sebesar 0.000, yang berarti Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Intellectual Capital secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji t diperoleh nilai 0.436 untuk Leverage, 0.000 untuk Profitabilitas, 0.228 untuk Ukuran Perusahaan, dan 0.0805 untuk Intellectual Capital. Sedangkan uji R2 diperoleh hasil sebesar 0.373. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah tidak terdapat cukup bukti bahwa Leverage berpengaruh terhadap Nilai perusahaan, terdapat cukup bukti bahwa Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, tidak terdapat cukup bukti bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, dan tidak terdapat cukup bukti bahwa Intellcetual Capital berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Perusahaan; Leverage; Profitabilitas; Ukuran Perusanaan; Intellectual Capital; agency theory; signalling theory; resource-based theory; Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non-Primer; Bursa Efek Indonesia; Tahun 2017-2021 |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 06:59 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 06:59 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4458 |
Actions (login required)
View Item |