Aldrin, Paul (2022) Rencana Bisnis Usaha Kedai Kopi Sekala di Kelapa Gading, Jakarta Utara / Paul Aldrin / 74180325 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (799kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (694kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (808kB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (873kB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (605kB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (658kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (503kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (419kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penulis mendapatkan ide untuk membuat rencana bisnis minuman kopi karena melihat adanya peluang bisnis yang besar dalam bidang minuman kopi. Melalui rencana bisnis ini, penulis akan menjelaskan mengenai profil Sekala yang bergerak di bidang minuman yang menjual minuman kopi. Pelayanan unik yang diberikan yaitu penyajian minuman kopi langsung di meja konsumen dengan alat seduh manual brew dengan biji kopi pilihan dari Sekala yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau. Pemilik perusahaan adalah penulis sendiri dan bisnis yang dijalankan berbentuk UMKM. Analisis industri kopi sudah cukup besar di Indonesia terutama di daerah kelapa gading, Jakarta utara. Setelah dilakukan analisis pesaing, ditemukan 2 pesaing yaitu KOCIL Specialty Coffee Coconut Tusk dan Kinari. Analisis CPM menghasilkan Sekala berada di urutan ke 2 setelah Kinari di urutan pertama dan KOCIL di urutan ke 3. Produk yang dihasilkan Sekala merupakan produk olahan biji kopi terbaik. Target pasar Sekala merupakan seluruh kalangan masyarakat dari kalangan ke bawah hingga ke atas dan tentunya anak muda hingga dewasa dari seluruh kalangan umur, pekerjaan, pendapatan, dan lain-lain. Strategi promosi yang digunakan adalah mengiklankan produk di sosial media dengan menggunakan teknologi terbaru, bekerja sama dengan gojek, grab ,dan shopee, serta memberikan promo-promo menarik. Alur proses operasi Sekala cukup mudah yaitu pelanggan memesan minuman di kasir, lalu barista menyiapkan pesanan pelanggan, lalu pesanan diantarkan ke meja konsumen. Proses operasi bahan baku yang digunakan Sekala selalu terjaga agar menciptakan produk yang berkualitas. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan adalah 4 orang. 1 orang manajer, 2 orang staff barista, dan 1 orang staff kasir. Seluruh tenaga kerja diberikan upah yang layak dan sesuai dengan UU yang berlaku. Seluruh tenaga kerja diseleksi dengan ketat. Setelah dilakukan seleksi, mereka dilatih terlebih dahulu sesuai dengan job desc yang diberikan. Laporan keuangan Sekala dihitung dengan baik agar menunjang kelancaran berjalannya usaha. Analisis kelayakan investasi diperhitungkan dengan baik sehingga bisnis Sekala layak dijalankan. Dampak usaha pada lingkungan dan masyarakat dinilai tidak menimbulkan kerusakan yang besar. Seluruh dampak sudah diperhitungkan dengan baik sehingga produk yang dihasilkan pun tidak merusak atau mengganggu masyarakat. Ringkasan eksekutif berisi tentang seluruh komponen rencana bisnis yang dapat menjelaskan secara singkat dan tepat.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rencana Bisnis; Usaha Kedai; Kopi Sekala; Minuman; Kopi; UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 04:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 04:58 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4713 |
Actions (login required)
View Item |