Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Profitabilitas Terhadap Kecenderungan Melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020 / Intan Nur An’Nisa / 32180521 / Pembimbing : Sugi Suhartono

An’Nisa, Intan Nur (2022) Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Profitabilitas Terhadap Kecenderungan Melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020 / Intan Nur An’Nisa / 32180521 / Pembimbing : Sugi Suhartono. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Transaksi transfer pricing merupakan transaksi yang legal dilakukan akan tetapi banyak perusahaan yang menyalahgunakan transfer pricing untuk menghindari pajak suatu negara yang berakibat dapat membuat penerimaan pajak sebuah negara berkurang karena perusahaan multinasional memindahkan kewajiban pajaknya dari negara-negara yang memiliki tarif pajak tinggi ke negara-negara bertarif pajak rendah, perbedaan tarif pajak ini membuat perusahaan multinasional mengambil kecenderungan untuk melakukan transfer pricing. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas terhadap kecenderungan transfer pricing. Penelitian ini menggunakan teori agensi (Agency Theory) dan teori akuntansi positif. Teori agensi mendefinisikan hubungan keagenan sebagai suatu kontrak satu orang atau lebih yang melibatkan orang lain, dan yang dimaksudkan sebagai manajemen perusahaan sebagai agent dan pemegang saham sebagai principal. Teori akuntansi positif digunakan untuk memprediksi motivasi manajemen dalam melakukan praktik transfer pricing. Sampel dalam penelitian ini menggunakann data dari perusahaan manufaktur yang terdafar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 dengan 13 perusahaan sehingga memperoleh 39 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik tersebut merupakan cara atau pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas. Sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah transfer pricing yang diukur dengan Related Party Transaction (RPT). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji pooling, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic versi 27. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pajak memiliki koefisien beta positif (0,212) dengan nilai Sig. 0,231, tunneling incentive memiliki koefisien beta positif (0,027) dengan nilai Sig. 0,438, mekanisme bonus memiliki koefisien beta positif (0,41) dengan Sig. 0,016, profitabilitas memiliki koefisien beta positif (0,759) dengan nilai Sig. 0,034. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pajak dan tunneling incentive tidak terdapat cukup bukti bahwa pajak dan tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan melakukan transfer pricing. Sedangkan untuk mekanisme bonus dan profitabilitas terdapat cukup bukti bahwa mekanisme bonus dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap kecenderungan melakukan transfer pricing.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing; Pajak; Tunneling Incentive; Mekanisme Bonus; Profitabilitas; Penghindaran Pajak; perusahaan multinasional; memindahkan kewajiban pajak; negara tarif pajak tinggi; negara bertarif pajak rendah; Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia (BEI); Tahun 2018-2020
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
H Social Sciences > HG Finance > Taxation
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:11
Last Modified: 05 Apr 2023 04:11
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item