Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Melakukan Penjualan Secara Online / Gracia Alda Larrisa / 32190541 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti

Larrisa, Gracia Alda (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM yang Melakukan Penjualan Secara Online / Gracia Alda Larrisa / 32190541 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (767kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya, kewajiban pajak dalam diri seseorang muncul dari beberapa faktor di antaranya pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan sosialisasi perpajakan. Masalah kepatuhan wajib pajak saat ini menjadi perhatian khusus bagi pelaku usaha khususnya adalah pelaku usaha online yang sedikit banyak masih belum memahami mengenai kewajiban pajak yang harus dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kepatuhan Wajib Pajak didefinisikan sebuah tindakan yang mencerminkan patuh dan sadar terhadap ketertiban dalam kewajiban perpajakan wajib pajak, dengan melakukan pembayaran dan pelaporan atas perpajakan masa dan tahunan dari wajib pajak yang bersangkutan baik untuk kelompok orang atau modal sendiri sebagai modal usaha sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang melakukan penjualan secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik t, uji statistik F, dan koefisien determinasi. Hasil uji normalitas residual sebesar 0,200 yang berarti berdistribusi normal, hasil uji multikolinearitas tidak terjadi, karena nilai tolerance lebih dari 0,10 dan VIF kurang dari 10. Penelitian menyatakan bahwa hasil uji F dengan nilai sig 0,000 yang berarti model dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai pengetahuan wajib pajak (X1) 0,0005 , untuk kesadaran wajib pajak (X2) 0,000 dan untuk sosialisasi perpajakan (X3) 0,201. Berarti pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak terbukti berpengaruh terhadap variabel (Y) kepatuhan wajib pajak. Sedangkan sosialisasi perpajakan tidak terbukti berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak variabel (Y). Kesimpulan penelitian yang didapat adalah variabel pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan tidak terbukti berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Wajib Pajak; Kesadaran Wajib Pajak; Sosialisasi Perpajakan; Kepatuhan Wajib Pajak; wajib pajak UMKM; penjualan online
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:23
Last Modified: 13 Jun 2023 07:23
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item