Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Online / Giovani Cornelin / 31190245 / Pembimbing : Yustina Triyani

Cornelin, Giovani (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Online / Giovani Cornelin / 31190245 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (837kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pajak adalah kewajiban bagi wajib pajak kepada negara yang terutang yang memenuhi kriteria sebagai subjek dan obyek pajak dan bersifat memaksa yang diatur olehundang-undang. Salah satu lapisan masyarakat yang menjadi wajib pajak dan memberikan sumbangsih berasal dari golongan Usaha Mikro kecil dan Menengah atau disingkat sebagai UMKM, akan tetapi setoran pajaknya masih sangat kecil. UMKM di Indonesia masih rendah dalam tingat kesadaran menjadi Wajib Pajak maupun dalam kesadaran kepatuhan membayar pajaknya. Faktor-faktor yang diperkirakan dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak adalah sikap rasional, kepercayaan kepada pemerintah dan persepsi manfaat yang dirasakan. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh mengenai sikap rasional, kepercayaan kepada pemerintah dan persepsi manfaat yang dirasakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan dalam perpajakan merupakan kesadaran wajib pajak untuk patuh, taat dan tunduk untuk menjalankan kewajiban perpajakannya sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku terencana dan teori atribusi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah sikap rasional, kepercayaan kepada pemerintah dan persepsi manfaat yang dirasakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Obyek penelitian ini adalah pelaku UMKM berbasis online yang menggunakan platform Shopee dan TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 156 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil uji kualitas data adalah valid dan reliabel, uji asumsi klasik semua data yang diperoleh layak untuk digunakan. Hasil uji f memperoleh sig sebesar 0,000, berarti sikap rasional, kepercayaan kepada pemerintah dan persepsi manfaat yang dirasakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t diperoleh nilai sig variabel sikap rasional sebesar 0,000 dan nilai koefisien sebesar 0,570, persepsi manfaat yang dirasakan memperoleh nilai sig sebesar 0,025 dan nilai koefisien sebesar 0,018, sedangkan kepercayaan kepada pemerintah memperoleh nilai sig sebesar 0,422 dan nilai koefisien sebesar 0,272. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,357, artinya bahwa semua variable independen dapat menjelaskan variabel dependen kepatuhan wajib pajak sebesar 35,7%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sikap rasional, persepsi manfaat yang dirasakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM berbasis online. Sedangkan kepercayaan kepada pemerintah tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM berbasis online.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sikap Rasional; Kepercayaan Kepada Pemerintah; Persepsi Manfaat yang Dirasakan; Kepatuhan Wajib Pajak; Pelaku UMKM; Online Shop
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:27
Last Modified: 29 Nov 2023 05:27
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item