Saputra, Nathasya (2023) Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan B'Clean Coin Laundry di Kota Banjarmasin / Nathasya Saputra / 78190064 / Pembimbing: Liaw Bun Fa. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (828kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (672kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (638kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (849kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (638kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (955kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pada era modern saat ini, persaingan bisnis semakin ketat baik dalam bidang barang maupun jasa. Salah satu industri jasa yang saat ini sedang berkembang adalah jasa laundry. Jasa laundry merupakan usaha yang menyediakan layanan pencucian pakaian atau bahan tekstil serta menyediakan layanan setrika. Bisnis jasa laundry banyak diminati karena mencuci pakaian merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak waktu dan energi. Selain itu, kesibukan masyarakat kota yang semakin meningkat sehingga tidak ada waktu luang untuk mencuci pakaiannya sendiri akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa laundry agar pakaiannya bersih dan rapi seketika tanpa perlu menguras tenaganya sendiri. B'Clean Coin Laundry merupakan salah satu laundry yang menggunakan konsep koin pertama kali di Kota Banjarmasin dan menggunakan konsep self-service. Terdapat 6 mesin cuci modern di B'Clean Coin Laundry yang langsung beroperasi otomatis setelah dimasukkan koin. Bagi yang tidak memiliki waktu luang untuk menunggu pakaiannya tercuci bersih sendiri, para konsumen juga dapat menitipkan pakaiannya ke penatu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori citra merek, harga, dan kepuasan pelanggan. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah citra merek dan harga, sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah kepuasan pelanggan. Obyek dalam penelitian ini adalah B'Clean Coin Laundry di Kota Banjarmasin. Sampel penelitian ini adalah warga Banjarmasin yang pernah menggunakan jasa B'Clean Coin Laundry. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode komunikasi dengan cara mengumpulkan kuesioner elektronik melalui media Google Forms dengan jumlah responden sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 27. Penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan B'Clean Coin Laundry di Kota Banjarmasin.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek; Harga; Kepuasan Pelanggan; Jasa Cuci Pakaian; B'Clean Coin Laundry |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Small Business - Management H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 03:25 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 03:25 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5132 |
Actions (login required)
View Item |