Laurens, Felicia Eve (2023) Analisis Penerapan Metode Balanced Scorecard terhadap Kinerja Manajemen PT. Aman Rejeki Indonesia / Felicia Eve Laurens / 33190014 / Pembimbing: Leonard Pangaribuan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (796kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (658kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (472kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (473kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Keberlangsungan hidup suatu perusahaan akan tercipta bila memiliki strategi yang baik dalam menjalankan usahanya. Dalam Era revolusi industri, setiap perusahaan beradu strategi untuk menjadi unggul dalam menguasai pangsa pasar. Pada umumnya, masalah utama perusahaan disebabkan karena adanya penjualan yang mengalami kenaikan dan penurunan setiap periodenya. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja manajemen dengan metode balanced scorecard, sehingga perusahaan dapat mendeteksi masalah yang terjadi, serta dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terhadap kinerja manajemen. Metode balanced scorecard dalam teorinya, merupakan salah satu metode yang populer dalam mengukur kinerja manajemen perusahaan. Hal tersebut dikarenakan, metode balanced scorecard dapat melakukan peninjauan strategi manajemen perusahaan secara periodik dalam aspek keuangan yaitu berdasarkan perspektif keuangan, dan secara non keuangan, yaitu perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dengan demikian perusahaan dapat menginformasikan strategi manajemen kepada seluruh bagian perusahaan yang dapat digunakan untuk tujuan strategis jangka Panjang. Strategi tersebut, nantinya dapat dijadikan umpan balik ke seluruh bagian perusahaan, baik secara internal maupun eksternal perusahaan untuk menjadi dasar dalam menyempurnakan strategi yang sudah di implementasikan. Dalam penelitian ini, objek penelitiannya adalah PT. Aman Rejeki Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik nonprobability sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji model regresi (uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas), serta uji hipotesis (uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini diketahui, perspektif keuangan memiliki nilai sig 0.001 < 0.05 dengan nilai β0 yaitu 0.621. Perspektif pelanggan memiliki nilai sig 0.132 > 0.05 dengan nilai β0 yaitu 0.610. Perspektif Bisnis internal memiliki nilai sig 0.001 < 0.05 dengan nilai β0 yaitu 0.625, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran hasil nilai sig 0.218>0.05 dengan nilai β0 yaitu 0.255. Variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen menghasilkan nilai sig 0.002 < 0.05. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini, menunjukan perspektif keuangan serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajemen, sedangkan perspektif pelanggan dan perspektif bisnis internal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja manajemen. Kemudian, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajemen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Manajemen; Metode Balanced Scorecard; Pengukuran Kinerja; PT. Aman Rejeki Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 04:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5138 |
Actions (login required)
View Item |