Pengaruh Persepsi Harga dan Efektivitas Strategi Promosi Tanggal Cantik terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di DKI Jakarta / Lia Theresia / 70190303 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak

Theresia, Lia (2024) Pengaruh Persepsi Harga dan Efektivitas Strategi Promosi Tanggal Cantik terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di DKI Jakarta / Lia Theresia / 70190303 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya jaman, kegiatan belanja online telah berkembang pesat dan menjadi kebiasaan karena lebih praktis dan menghemat waktu. Masyarakat dapat berbelanja dimana dan kapan saja secara digital melalui telepon genggam yang mereka miliki karena proses transaksi dapat dilakukan secara online di marketplace. Shopee adalah salah satu marketplace yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Hal ini tentunya tidak lepas dari persepsi harga dan strategi promosi yang diberikan Shopee kepada masyarakat. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk membahas lebih lanjut dalam suatu bentuk kajian penelitian yang berjudul “ Pengaruh Persepsi Harga dan Efektivitas Strategi Promosi Tanggal Cantik terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di DKI Jakarta “. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kepada judul topik yaitu berkaitan dengan persepsi harga, efektivitas strategi promosi tanggal cantik, dan keputusan pembelian. Penelitian ini mencakup dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Persepsi Harga (X1) dan efektivitas strategi promosi tanggal cantik (X2) dimaknai sebagai variabel bebas, sementara itu keputusan pembelian (Y) dimaknai sebagai variabel terikat. Maka dari itu, tujuan penelitian dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Objek penelitian ini adalah Shopee, sampel penelitian diambil dari 160 responden yamg diantaranya 30 pra responden dan 130 real responden yang pernah menggunakan dan berbelanja di marketplace Shopee. Penelitian ini mengumpulkan data melalui penyebaran kuisioner melalui google form yang memuat pernyataan terkait dengan variabel yang diteliti. Uji hipotesis diadakan secara kuantitatif. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, metode analisis regersi linear berganda mempergunakan uji F dan uji t. data diolah menggunakan IBM SPSS 25. Dari hasil yang diolah menunjukkan bahwa pada uji asumsi klasik memenuhi syarat normalitas dan resido berdistribusi normal, tidak terdapat gejala heteroskedastisitas, dan tidak ada gejala multikolinieritas. Hasil penelitian membuktikan responden setuju bahwa persepsi harga dan efektivitas strategi promosi tanggal cantik pada Shopee cukup baik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa persepsi harga dan efektivitas strategi promosi tanggal cantik memberi pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kesimpulannya persepsi harga dan efektivitas strategi promosi tanggal cantik memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di DKI Jakarta.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga, Efektivitas Strategi Promosi, Keputusan Pembelian; Tanggal Cantik; Marketplace; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:28
Last Modified: 10 Jan 2025 04:28
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item