Emilia, Emilia (2024) Pengaruh Money Ethics, Etika Wajib Pajak, dan Religiusitas terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pemilik Online Shop E-Commerce Shopee / Emilia / 31190210 / Pembimbing: Amelia Sandra. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (668kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (726kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (652kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (539kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Berdasarkan laporan Momentum Works nilai transaksi bruto (gross merchandise value/GMV) loka pasar daring e-commerce di Indonesia mencapai US$51,9 miliar pada 2022 yang sebagian besar disumbangkan oleh Shopee. Hal ini memberikan beberapa peluang di berbagai sektor salah satunya adalah di bidang perpajakan. Penarikan pajak atas transaksi bisnis e-commerce bertujuan untuk menerapkan keadilan bagi semua wajib pajak serta meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak, baik konvensional maupun e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Money Ethics, etika wajib pajak dan religiusitas terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak pedagang e-commerce. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribusi dimana teori ini menyatakan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi kekuatan internal dan eksternal berdasarkan keinginan wajib pajak bagi pemilik online shop untuk melaporkan SPT tahunannya. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teori perilaku berencana yang menjelaskan tingkat kepatuhan wajib pajak. Data hasil kuisioner dalam penelitian ini akan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic 26. Sample yang dipilih menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Sedangkan keputusan hasil penelitian menggunakan uji statistik F, uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2), dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari uji kuisioner penelitian ini menunjukan bahwa variable Money Ethics nilai p-value sebesar 0,045 dengan ambang signifikasi alpha 5% (tolak H0), variabel Etika Wajib Pajak dengan nilai p-value sebesar 0,000 dengan ambang signifikasi alpha 5% (tolak H0) dan variabel Religiusitas dengan nilai p-value sebesar 0,000 dengan ambang signifikasi alpha 5% (tolak H0). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Money Ethics berpengaruh negatif terhadap kepatuhan wajib pajak, etika wajib pajak dan religiusitas berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Commerce; Kepatuhan Wajib Pajak; Money Ethics; Moral Wajib Pajak; Religiusitas; Pemilik OnlineShop; Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:20 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |