Pengaruh Remunerasi Direksi terhadap Nilai Perusahaan yang di Mediasi oleh Agency Cost pada Sektor Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021 / Nurlia Aisyah Fany / 23219141 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto

Fany, Nurlia Aisyah (2024) Pengaruh Remunerasi Direksi terhadap Nilai Perusahaan yang di Mediasi oleh Agency Cost pada Sektor Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021 / Nurlia Aisyah Fany / 23219141 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (876kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan untuk mengoptimalkan nilai perusahaan. Namun seiring perkembangan perusahaan modern, pemisahaan antara kepemilikan dan pengelolaan menimbulkan masalah keagenan, karena pengelola cenderung oportunis. Maka, diperlukan instrumen untuk mengendalikan yaitu melalui pemberian remunerasi yang diharapkan dapat mengurangi biaya keagenan. Hubungan antara remunerasi dan nilai perusahaan dijelaskan melalui teori keagenan. Teori keagenan berbicara mengenai hubungan antara pemilik dengan manajer dengan pemisahan kekuasaan antara mereka yang menyebabkan masalah keagenan. Sampel penelitian terdiri dari 48 perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar di BEI 2019-2021. Total unit sampel yang akan di analisis dalam penelitian ini adalah 144 unit sampel. Data dianalisis dengan SmartPLS 3.0 untuk menguji inner model dan specific indirect effect. Uji outer model tidak perlu dilakukan karena masing-masing variabel hanya memiliki 1 indikator. Lalu, evaluasi model struktural atau disebut inner model terdiri dari uji koefisien determinan (R2 ), uji koefisien jalur dan uji hipotesis. Sumber data dari penelitian ini adalah idx.co.id. Hasil dari uji koefisien determinasi (R2 ) pada nilai perusahaan adalah sebesar 0.117 atau 11%, untuk itu, model ini terbilang lemah. Hasil dari uji analisis jalur, mengindikasikan hubungan yang signifikan antara remunerasi, agency cost dan nilai perusahaan. Berdasarkan uji spesific indirect effect, hasilnya adalah biaya agensi dapat memediasi pengaruh remunerasi terhadap nilai perusahaan. Sementara kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) remunerasi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) remunerasi berpengaruh negatif signifikan terhadap agency cost, (3) agency cost berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) agency cost memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi remunerasi terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Remunerasi Dewan Direksi; Teori Keagenan; Biaya Keagenan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance
H Social Sciences > HG Finance > Liquidity
H Social Sciences > HG Finance > Profits
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:19
Last Modified: 20 Feb 2025 04:19
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item