Haryanto, Chrisabelle (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Uniqlo / Chrisabelle Haryanto / 72200213 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (916kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (945kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (683kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (679kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (498kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (579kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pada era digitalisasi ini persaingan bisnis dalam dunia mode semakin ketat dan berkembang pesat karena mode item seperti pakaian dan aksesoris yang sudah menjadi kebutuhan sekunder setiap orang. Dampaknya adalah terjadi peningkatan permintaan akan produk mode dari konsumen. Merek mode di Indonesia sangat banyak sekali dan beranekaragam, baik itu merek lokal yang berasal dari Indonesia maupun merek mode global yang masuk ke Indonesia. Salah satu merek global yang masuk ke Indonesia adalah Uniqlo yang termasuk dalam kategori top brand (merek teratas). Beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya yaitu karena kualitas produk dan persepsi harga yang ditawarkan oleh Uniqlo ke pelanggan. Keduanya dapat mempengaruhi keputusan pembelian ulang pelanggan terhadap produk Uniqlo. Walaupun Uniqlo merupakan top brand dan tergolong mahal, tetapi Uniqlo tetap memiliki ulasan negatif pada social medianya. Sehingga peneliti tertarik untuk membahas lebih lanjut terkait pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang produk Uniqlo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas produk, persepsi harga, dan keputusan pembelian ulang. Kualitas produk adalah tingkat kemampuan, mampu atau tidaknya sebuah produk melaksanakan fungsinya dalam memenuhi ekspetasi dan keinginan konsumen. Persepsi harga adalah bagaimana pelanggan melihat harga sebuah produk, tinggi atau rendahnya suatu harga yang memiliki pengaruh besar pada pembelian konsumen dan kepuasan pembelian. Keputusan pembelian ulang adalah suatu kegiatan membeli kembali sebuah produk dengan merek yang sama yang dilakukan oleh konsumen tanpa diikuti oleh perasaan yang berarti terhadap produk yang dibelinya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 130 responden yang pernah membeli produk Uniqlo minimal satu kali. Data dikumpulkan melalui google form dan pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hipotesis diuji secara kuantitatif dengan melakukan beberapa uji. Diantaranya yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Selain itu ada juga analisis regresi linier berganda, uji F, uji T, dan seluruh data diolah dengan menggunakan IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil t hitung untuk variabel kualitas produk sebesar 3,763 > t tabel yaitu 1,97882 dengan sig 0,000 < 0,05, yang artinya variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Semakin meningkat kualitas produk maka semakin meningkat juga keputusan pembelian ulang. Untuk variabel persepsi harga, diperoleh t hitung sebesar 3,311 > t tabel 1,97882 dengan sig menghasilkan 0,001 < 0,05 yang artinya variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Semakin meningkat persepsi harga terhadap produk Uniqlo maka semakin meningkat juga keputusan pembelian ulang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk; Persespsi Harga; Keputusan Pembelian Ulang; Produk Fashion; Produk Uniqlo |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:56 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:56 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |