Pratama, Genesius Kevin (2017) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Leverage, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Suka Rela Atas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013–2015 / Genesius Kevin Pratama / 34130178 / Pembimbing : Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (674kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (930kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (951kB) |
Abstract
Perusahaan yang hanya fokus pada kondisi keuangan saja yaitu untuk mencari laba, tidak cukup menjamin nilai perusahaan tumbuh secara keberlanjutan. Padahal kerusakan lingkungan dan masalah sosial yang terjadi di lingkungan perusahaan tidak lain disebabkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan aspek lain selain aspek keuangan perusahaan, perusahaan juga perlu memperhatikan aspek lingkungan dan aspek sosial. Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) atau pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu komitmen bisnis untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan yang dapat bekerjasama dengan karyawan dan perwakilan mereka, masyarakat sekitar dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas hidup, dengan cara yang lebih baik bagi bisnis maupun pengembangan. Objek yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Berdasarkan metode purposive sampling , sampel yang diperoleh adalah 19 perusahaan pada periode 2013-2015 sehingga memperoleh 57 data observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan software SPSS 22.0. Dari hasil pengujian kesamaan koefisien, data yang digunakan dapat di pooling. Uji regresi simultan (F - test) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, dan media exposure secara simultan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Uji parsial (t - test) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sedangkan leverage, dan media exposure memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan variabel leverage memiliki pengaruh negatif terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial Sedangkan variabel ukuran dewan komisaris, dan media exposure tidak cukup bukti berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laba; Interaksi Sosial; Manajemen Keuangan-Aspek Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > Financial Management H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HG Finance > Profits |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 04:55 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 04:55 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |