Tanus, Stephen Edward (2017) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Restoran "Bakmi Garing Renyah" di Kelapa Gading, Jakarta Utara / Stephen Edward Tanus / 73130089 / Pembimbing : Muhammad Fuad. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (817kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (968kB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (584kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (645kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (531kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (584kB) |
Abstract
Bakmi Garing Renyah adalah bisnis yang bergerak dalam bidang kuliner. Bakmi Garing Renyah memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen melalui restoran yang terletak di Jl. Boulevard Raya Blok RA1 No. 5-6, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bakmi Garing Renyah memiliki visi "Menjadi restoran bakmi ternama dan terbaik dalam menyajikan produk berkualitas dan pelayanan terbaik". Produk yang ditawarkan oleh Bakmi Garing Renyah adalah makanan dengan menu utama mi yang berukuran besar dan bertekstur renyah, serta berbagai pilihan menu makanan dan minuman lainnya. Seperti halnya bisnis yang lain, diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dan produk yang ditawarkan sebuah usaha. Untuk itu Bakmi Garing Renyah melakukan promosi melalui pemasangan spanduk, penyebaran brosur, pemberian diskon, dan promosi melalui sosial media. Sebagai usaha yang profesional, dibutuhkan sumber daya manusia yang juga turut memberikan dampak positif bagi usaha. Saat ini direncanakan karyawan Bakmi Garing Renyah akan berjumlah lima belas orang yang terdiri dari satu orang manajer, dua orang koki, dua orang asisten koki, satu orang kasir, tujuh orang pelayan, dan 2 orang cleaning service. Investasi awal yang dibutuhkan Bakmi Garing Renyah sebesar Rp 603.618.500 yang digunakan untuk biaya modal, bahan baku, perlengkapan, peralatan, biaya renovasi, rekrutmen, dan cadangan kas. Investasi awal ini berasal dari orangtua dan tabungan pribadi. Perkiraan performa laporan laba rugi selama 5 tahun ke depan yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2022, Bakmi Garing Renyah menghasilkan laba yang meningkat setiap tahunnya. Dilihat dari performa laporan arus kas, arus kas akhir pada tahun pertama bernilai positif dan diikuti kenaikan secara konstan di tahun berikutnya. Sedangkan hasil dari perhitungan dengan menggunakan penilaian kelayakan investasi adalah layak dengan menghasilkan NPV sebesar Rp 345.134.605 dengan menggunakan tingkat suku bunga deposito sebesar 11,36%. Nilai IRR yang didapat dari hasil perhitungan adalah sebesar 26,55% dimana nilai tersebut lebih besar dari pada Rate of Return yang diharapkan yaitu sebesar 11,36%. Selain itu, diketahui periode pengembalian investasi adalah selama 3 tahun 3 bulan 1 hari. Dari hasil perhitungan-perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis pendirian usaha Bakmi Garing Renyah layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 01:12 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 01:12 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1784 |
Actions (login required)
View Item |