Nuralamsyah, M. Adrian (2017) Analisis Efektivitas Aplikasi E-Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Setiabudi IV / M. Adrian Nuralamsyah / 31120528 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (751kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version Download (938kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (527kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (941kB) |
|
Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version Download (794kB) |
Abstract
E-Faktur merupakan aplikasi elektronik yang Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terapkan untuk mengatasi faktur pajak fiktif yang selama ini merugikan negara hingga triliunan dan membantu meringankan wajib pajak dalam pembuatan dan pelaporan faktur pajak. Denganadanya suatu aplikasi elektronik yang memiliki tujuan, maka analisis atas efektivitassangat diperlukan untuk mengukur kinerja atas e-Faktur dalam manjalankan tujuannyaSerta mengetahui apakah kendala yang menghambat berjalannya e-Faktur. Analisis efektivitas e-Faktur terdiri atas dua topik utama yaitu, efektivitas e-Faktur dari sispemberi kebijakan dan efektivitas e-Faktur dari penerima kebijakan. Memudahakan WajibPajak (WP) dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa atau SPT Tahunan dalampelaporan PPN dan mengatasi faktur pajak fiktif terdapat dalam dasar hukum e-Fakturyaitu PMK-151/PMK.03/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan wawancaradan dokumentasi yang digunakan untuk dilakukan reduksi data agar mendapatkan datayang tepat, lalu disajikan menggunakan uraian singkat atau deskriptif, dan terakhir diambilkesimpulan atas data tersebut. Langkah-langkah ini dilakukan untuk mendapatkan hasildata yang maksimal, tidak melenceng, dan akurat sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, e-faktur telah efektif dalam pelaksanaannya. EFaktur juga berhasil meringankan WP dalam pembuatan dan pelaporan faktur pajak sejake-Faktur diterapkan. Namun, e-Faktur belum dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia karena beberapa kendala internal dan eksternal. Setelah selesai melakukan analisis, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa e-Fakturefektif dalam penerapannya tetapi belum bisa diterapkan secara nasional karena beberapakendala. Peneliti juga memberikan beberapa saran dalam upaya menerapkan e-Faktur di seluruh Indonesia.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pajak dan Perpajakan; Faktur Elektronik |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 03:11 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 03:11 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
View Item |