Analisis Efektivitas Aplikasi E-Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Setiabudi IV / M. Adrian Nuralamsyah / 31120528 / Pembimbing: Prima Apriwenni

Nuralamsyah, M. Adrian (2017) Analisis Efektivitas Aplikasi E-Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Setiabudi IV / M. Adrian Nuralamsyah / 31120528 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (941kB)
[img] Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version

Download (794kB)

Abstract

E-Faktur merupakan aplikasi elektronik yang Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terapkan untuk mengatasi faktur pajak fiktif yang selama ini merugikan negara hingga triliunan dan membantu meringankan wajib pajak dalam pembuatan dan pelaporan faktur pajak. Denganadanya suatu aplikasi elektronik yang memiliki tujuan, maka analisis atas efektivitassangat diperlukan untuk mengukur kinerja atas e-Faktur dalam manjalankan tujuannyaSerta mengetahui apakah kendala yang menghambat berjalannya e-Faktur. Analisis efektivitas e-Faktur terdiri atas dua topik utama yaitu, efektivitas e-Faktur dari sispemberi kebijakan dan efektivitas e-Faktur dari penerima kebijakan. Memudahakan WajibPajak (WP) dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa atau SPT Tahunan dalampelaporan PPN dan mengatasi faktur pajak fiktif terdapat dalam dasar hukum e-Fakturyaitu PMK-151/PMK.03/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan wawancaradan dokumentasi yang digunakan untuk dilakukan reduksi data agar mendapatkan datayang tepat, lalu disajikan menggunakan uraian singkat atau deskriptif, dan terakhir diambilkesimpulan atas data tersebut. Langkah-langkah ini dilakukan untuk mendapatkan hasildata yang maksimal, tidak melenceng, dan akurat sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, e-faktur telah efektif dalam pelaksanaannya. EFaktur juga berhasil meringankan WP dalam pembuatan dan pelaporan faktur pajak sejake-Faktur diterapkan. Namun, e-Faktur belum dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia karena beberapa kendala internal dan eksternal. Setelah selesai melakukan analisis, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa e-Fakturefektif dalam penerapannya tetapi belum bisa diterapkan secara nasional karena beberapakendala. Peneliti juga memberikan beberapa saran dalam upaya menerapkan e-Faktur di seluruh Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pajak dan Perpajakan; Faktur Elektronik
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:11
Last Modified: 22 Apr 2021 03:11
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item