Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021 / Sherina Wuga / 38180150 / Pembimbing: Prima Apriwenni

Wuga, Sherina (2023) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021 / Sherina Wuga / 38180150 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Agresivitas pajak dilakukan dengan menurunkan kewajiban pajak dan dapat dilakukan melalui perekayasaan pada laba kena pajak melalui perencanaan pajak baik dengan cara legal maupun illegal. Kegiatan tersebut dilakukan agar nilai laba perusahaan dapat dimaksimalkan. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yang mempengaruhi agresivitas pajak yaitu Corporate Social Responsibility, Leverage, dan Profitabilitas. Praktik agresivitas pajak merupakan kegiatan yang tidak dapat dibenarkan dengan alasan apa pun, karena kegiatan tersebut dilakukan dengan niat guna mengurangi kewajiban pajak yang dimana sangat berdampak pada penerimaan negara. Penelitian ini menggunakan dua landasan teori yaitu teori agensi dan teori legitimasi. Pada teori agen terdapat hubungan antara prinsipal dan agen dimana prinsipal menyediakan dana maupun fasilitas operasional serta agen sebagai pengendali atau yang menjalankan kegiatan tersebut. Lalu pada teori legitimasi dijelaskan adanya kontak sosial dengan masyarakat dimana perusahaan beroperasi sehingga perusahaan harus mencermati batasan dan norma yang ada pada nilai sosial masyarakat sekitar. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Leverage dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak. Perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021 yang digunakan sebagai sampel penelitian. Setelah data di sortir peneliti memperoleh sebanyak 87 data observasi. Data observasi pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah diaudit. Digunakan analisis regresi berganda dengan uji pooling, uji asumsi klasik, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2) sebagai teknik analisis dalam penelitian ini. Pada hasil penelitian ini menunjukkan telah lolos uji asumsi klasik dan uji pooling. Berdasarkan uji F diperoleh nilai sig sebesar 0.004. Dari uji t diperoleh : Variabel Corporate Social Responsibility dengan nilai sig 0.175 > 0.05 dan nilai koefisien -0.095, Variabel Leverage dengan nilai sig 0.092 > 0.05 dan nilai koefisien 0.126, Variabel profitabilitas dengan nilai sig 0.020 < 0.05 dan nilai koefisien -0.378. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak serta Profitabilitas yang hubungannya tidak dapat disimpulkan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak; Corporate Social Responsibility; Leverage; Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:46
Last Modified: 29 Nov 2024 03:46
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item