Hadrinata, Nielsen (2023) Perancangan dan Pembuatan Strategy Game Berbasis IOS dengan Unity / Nielsen Hadrinata / 51190270 / Pembimbing: Sigit Birowo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (411kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (482kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (851kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga berdampak ke sektor game yang semakin berkembang hingga sekarang. Karena kurang banyaknya game yang dapat memberikan manfaat kepada pemainnya memotivasi peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah game strategi berbasis IOS dengan menggunakan game engine Unity dan Bahasa Pemrograman C#. Game tersebut juga dilengkapi dengan fitur bermain melawan orang lain secara real-time dan fitur cross-platform dengan desktop. Diharapkan game ini dapat memberikan pilihan hiburan yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan juga membantu meningkatkan kemampuan berpikir strategis dan kreativitas pemainnya. Berkembangannya game dalam dunia hiburan menyebabkan banyaknya genre game yang memiliki desain dan gameplay yang fantasis, salah satunya Strategy Game yang menjadi tema dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode Agile dengan model Extreme Programming, peneliti dapat membuat game terbaik dan diharapkan dapat menarik para pengguna IOS untuk memainkan game ini. Dengan model Extreme Programming ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas game dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan. Extreme Programming sendiri memiliki proses yaitu Planning, Design, Coding dan Test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, play testing dan kepustakan serta dengan bantuan buku dan jurnal yang menjadi referensi mengenai pembuatan game strategi ini. Perancangan sistem akan mencakup proses game, Use Case Diagram, Activity Diagram, Flowchart, Sequence Diagram, Rancangan Tampilan. Hasil akan berupa aplikasi yang dapat diakses dengan menggunakan sistem operasi IOS dan dapat bermain secara cross-platform dengan pengguna desktop. Game strategi yang dihasilkan ini bertujuan untuk menjadi solusi untuk para pengguna Ios dan desktop yang ingin bermain game strategi yang memiliki fitur cross-platform yang dapat diakses secara real-time untuk melawan setiap pemain yang ingin bertarung melawan pemain lainnya secara online.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy Game; Unity; IOS; Extreme Programming; Real-Time Strategy |
Subjects: | W Computer Science > Image Processing W Computer Science > Computer Programming and Programs W Computer Science > Computer - Software |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 04:18 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 04:18 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5117 |
Actions (login required)
View Item |