Putri, Abigail and Divie, Camilla and Christianto, Sidney (2023) Tren Thrifting di Kalangan Anak Muda di Jakarta / Abigail Putri (65190414) / Camilla Divie (60190318) / Sidney Christianto (60190404) / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (705kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (427kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (481kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (395kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (390kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dilakukannya projek video berita feature ini adalah mengenai budaya atau tren Thrifting di kalangan anak muda di Jakarta, didalam projek kami juga membahas hal yang membuat thrifting menjadi suatu tren baru khususnya dikalangan anak muda dan proses para pelaku thrifting dalam melakukan thrift. Lalu dua sudut pandang mengenai thrifting dari pelaku dan penjual, pro dan kontra apa yang ada didalam thrifting yang mungkin banyak orang belum ketahui. Konsep berita feature ini tidak terlepas dari budaya Thrifting ini yang berada dilingkungan masyarakat khususnya bagi kalangan anak muda, bagaimana budaya Thrifting ini bisa mengubah cara hidup dan cara pandang dilingkungan masyarakat. Budaya Thrifting ini juga menjadi alternatif yang dijalankan bagi sebagian orang yang tetap ingin mengikuti proses perkembang fashion yang selalu Up To Date sehingga budaya tren Thrifting ini memasuki kehidupan masyarakat dengan mudah. Teori yang digunakan dalam projek ini adalah teori Word Of Mouth yang terjadinya dikarenakan sebuah tren dari thrifting adalah pembicaraan mulut ke mulut yang menyebar luas sehingga budaya Thrifting tersebut bisa menjadi salah satu hal yang digemari banyak kalangan salah satunya anak muda dikarenakan banyaknya pembicaraan yang mengangkat hal positif dari Thrifting salah satunya harga yang terjangkau juga kualitas yang masih bagus walaupun tergolong barang bekas. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data merupakan suatu pernyataan tentang sifat, keadaan tertentu dan sejenisnya. Pengumpulan data yang dilakukan guna untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian. Dalam penyusunan karya akhir ini penulis mengambil objek penelitian mengenai tren Thrifting dikalangan anak muda di Jakarta yang bertempat di Pasar Senen. Selain itu teknik desain penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara narasumber, dan dokumentasi. Melakukan penelitian dilokasi Pasar Senen yang memang sudah banyak diketahui dan terkenal sebagai tempat menjual dan membeli barang bekas, yang pada kesehariannya selalu ramai dikunjungi oleh peminat barang Thrift tersebut untuk mencari barang-barang yang diperlukan. Target pemasaran untuk pasar senen adalah para peminat barang bekas atau para pelaku Thrift, target pasar yang tidak mencakup usia tetapi pada saat ini lebih banyak anak muda yang melakuakn Thrifting selain untuk memenuhi kebutuhan pangan banyak anak muda yang membeli barang bekas untuk tetap mengiktui perkembangan Fashion yang semakin Up To Date. Penjualan barang bekas yang dijual di Pasar Senen beroperasi setiap hari, terlebih pada hari minggu biasanya para penjual membuka ball atau karungan yang berisi baju bekas untuk dijual, banyak juga para distributor yang ikut mengambil barang dari para penjual di Pasar Senen. Wawasan mengenai Thrifting sebagai pemenuh kebutuhan akan pakai telah dipahami oleh peneliti dalam penelitian ini. Setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih tindakan yang akan diambil, sesuai dengan sumberdaya preferensi serta keadaan ekonomi setiap individu nya. Cara pandangan setiap individu mengenai tren budaya Thrifting ini mempengaruhi dalam mengimplementasikan budaya ini didalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tren Thrifting; Budaya; Anak Muda di Jakarta; projek; video berita feature |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:06 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5143 |
Actions (login required)
View Item |