Wijaya, Nicholas Calvin (2023) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Reputation terhadap Customer Loyalty PT. Unilever Indonesia Tbk / Nicholas Calvin Wijaya / 78190190 / Pembimbing: Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (649kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (651kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (642kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (544kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Loyalitas pelanggan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan di era sekarang karena perusahaan menganggap customer loyalty sebagai tujuan penting dalam pembangunan jangka panjang. Selama lebih dari 90 tahun, produk-produk PT. Unilever Indonesia Tbk telah mengelilingi masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Upaya dan komitmen dalam berkontribusi kepada masyarakat melalui program dan aksi corporate social responsibility tidak hanya berdampak positif bagi komunitas, dan lingkungan, namun juga berdampak bagus bagi pembangunan reputasi perusahaan yang baik di mata masyarakat. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan corporate reputation terhadap customer loyalty PT. Unilever Indonesia Tbk. Teori yang digunakan adalah teori Kotler dan Lee untuk menjelaskan definisi dari corporate social responsibility (CSR), serta teori J.M.T. Balmer, S.A. Greyser, M. Shanley, dan C.J. Fombrun yang menjelaskan definisi corporate reputation. Sedangkan teori customer loyalty dijelaskan menggunakan teori Oliver. Variabel independen dalam penelitian ini adalah variabel corporate social responsibility (CSR) dan variabel corporate reputation. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel customer loyalty. Hipotesis yang muncul dari kerangkan pemikiran adalah corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap customer loyalty dan corporate reputation berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Pada penelitian ini, obyek yang akan diteliti adalah PT. Unilever Indonesia Tbk. dan subyeknya yaitu konsumen yang mengetahui kegiatan program corporate social responsibility (CSR) dan menggunakan produk dari PT. Unilever Indonesia Tbk. Sampel yang diambil sebanyak 169 responden dengan menggunakan Google Forms sebagai metode pengambilan data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Data diolah dan diproses menggunakan SPSS 27. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu corporate social responsibility dan corporate reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate reputation memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap customer loyalty. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis pertama dan kedua diterima. Dengan demikian, corporate social responsibility dan corporate reputation terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Menurut hasil penelitian, sebaiknya PT. Unilever Indonesia Tbk memperluas tingkat penelitian pada wilayah dan lokasi yang berbeda serta pada konteks industri yang lain untuk meningkatkan variabilitas topik penelitian ini.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; CSR; Corporate Reputation; Customer Loyalty; CRL; PT. Unilever Indonesia Tbk |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Research H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:37 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:37 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5209 |
Actions (login required)
View Item |