Anggreani, Vemyta (2024) Pengaruh Perencanaan Pajak, Sales Growth, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2020-2022 / Vemyta Anggreani / 39200128 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (653kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (737kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (498kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (866kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Laporan laba rugi dalam laporan merupakan salah satu indikator penting bagi para pemegang saham dan kreditur untuk mendapatkan informasi laba serta kinerja keuangan suatu perusahaan dan mengambil keputusan investasi pada suatu perusahaan. Laba mencerminkan bahwa perusahaan telah mencapai kinerja keuangan yang baik. Pihak manajemen akan berusaha untuk mencapai target laba. Praktik manajemen laba akan dilakukan manajer untuk mempengaruhi beberapa pihak yang memiliki kepentingan berbeda didalam sebuah perusahaan dengan tujuan agar laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan target laba yang diharapkan. Manajemen laba dapat dipengaruhi faktor-faktor tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah perencanaan pajak, sales growth, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba. Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Agensi, Teori Akuntansi Positif, dan Teori Sinyal. Teori agensi menjelaskan hubungan keagenan berupa sebuah kontrak kerja antara pemegang saham dengan memberi wewenang pengambilan keputusan kepada manajer perusahaan dengan tujuan agar kedua belah pihak mendapatkan keuntungan yang maksimal. Teori akuntansi positif menjelaskan alasan praktik manajemen laba dilakukan dan memprediksi keputusan serta yang dipilih manajer dalam kondisi tertentu. Teori sinyal diambil berdasarkan pemikiran bahwa pihak manajemen akan memberikan informasi laba yang berkualitas kepada pemegang saham. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020-2022. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 49 perusahaan sehingga diperoleh 147 data observasi. Pengujian dalam penelitian ini terdiri dari statisk deskriptif, uji kesamaan koefisien, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh data dapat di-pooling dan lolos uji asumsi klasik. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa model penelitian dapat dikatakan layak untuk dilakukan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi perencanaan pajak sebesar 0,211 > 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,060 yang berarti perencanaan pajak tidak berpengaruh secara positif terhadap manajemen laba. Sedangkan sales growth memiliki nilai signifikansi sebesar 0,037 dengan nilai koefisien 0,072 dan ukuran perusahaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,003 dengan nilai koefisien 0,465, nilai signifikansi keduanya < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa sales growth dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap manajemen laba. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat cukup bukti bahwa perencanaan pajak memiliki pengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan sales growth dan ukuran perusahaan terdapat cukup bukti untuk menyatakan bahwa keduanya memiliki pengaruh positif terhadap manajemen laba.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Pajak; Sales Growth; Ukuran Perusahaan; Manajemen Laba |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Jun 2025 04:31 |
Last Modified: | 09 Jun 2025 04:31 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |