Jufianto, Carollieta Carla (2020) Perancangan Sistem Pencatatan Layanan Mahasiswa Pada Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan (Baak) Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie / Carollieta Carla Jufianto / 42160091 / Pembimbing: Budi Wasito. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - bab 1.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 2 Landasan Teori)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - bab 2.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Sistem Yang Berjalan)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - bab 3.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 4 Perancangan Sistem Yang Diusulkan)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - bab 5.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - daftar pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - lampiran.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - originalitas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Resume)
42160091 - CAROLLIETA CARLA - resume.pdf - Published Version Download (674kB) |
Abstract
Dapat dilihat pada perguruan tinggi seperti Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie bahwa Bagian Administasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) memiliki fungsi yang cukup penting dalam berjalannya proses organnisasi, dikarenakan pelayanan BAAK juga terkait dengan hasil dan proses pembelajaran mahasiswa pada Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa melalui BAAK ini belum memiliki sistem pencatatan yang dapat mengelola catatan pelayanan tersebut, hal ini menyebabkan sulitnya untuk mengetahui kinerja pelayanan BAAK, menyebabkan sulitnya untuk mengolah data hasil layanan, dan terjadinya penumpukan antrian yang tidak rapi pada saat-saat tertentu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode rapid application development (RAD), yang merupakan gabungan dari bermacam-macam teknik terstruktur dengan teknik prototyping dan teknik pengembangan joint application untuk mempercepat pengembangan sistem atau aplikasi. Dimana metode RAD ini memiliki keunggulan selain dari segi waktu, yaitu bisa sesuai dengan kebutuhan user karena dalam proses pengerjaan desain sistemnya bersama dengan input dari user. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penulis mengumpulkan data melalui wawancara tidak terstruktur, observasi tidak langsung, dan studi pustaka yang penulis lakukan dengan mencari segala hal yang terkait dengan perancangan sistem pencatatan layanan ini. Penelitian ini dibuat guna meningkatkan pelayanan BAAK kepada mahasiswa maupun nonmahasiswa yang sebelumnya sudah baik, namun memiliki beberapa kendala dan kekurangan. Kesimpulan yang penulis dapat dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem pencatatan layanan mahasiswa pada BAAK Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie adalah dapat mempermudah proses pengolahan data layanan yang telah dilakukan menjadi laporan yang akhirnya digunakan untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang. Juga untuk mengingkatkan kinerja BAAK dalam melayani mahasiswanya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komputer-Sistem Informasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 04:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 04:21 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/986 |
Actions (login required)
View Item |