RENCANA PENDIRIAN USAHA “PHILANTHROPY VEGAN CAFÉ” DI PIK JAKARTA UTARA / Pieter / 78120271 / Pembimbing: Elisabeth Vita

Pieter, Pieter (2017) RENCANA PENDIRIAN USAHA “PHILANTHROPY VEGAN CAFÉ” DI PIK JAKARTA UTARA / Pieter / 78120271 / Pembimbing: Elisabeth Vita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
78120271 - Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
78120271 - Bab 1.pdf - Published Version

Download (961kB)
[img] Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
78120271 - Bab 2.pdf - Published Version

Download (816kB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
78120271 - Bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
78120271 - Bab 4.pdf - Published Version

Download (974kB)
[img] Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
78120271 - Bab 5.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
78120271 - Bab 6.pdf - Published Version

Download (829kB)
[img] Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
78120271 - Bab 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
78120271 - Bab 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
78120271 - Bab 9.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
78120271 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (Lampiran)
78120271 - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
78120271 - Original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text (Resume)
78120271 - RESUME.pdf - Published Version

Download (451kB)

Abstract

Nama perusahaan yang akan didirikan oleh penulis adalah Philanthropy yang terletak di Food Plaza Pantai Indah Kapuk blok B8. Memiliki alamat email philanthropycafe@gmail.com dan instagram @philanthropycafe. Philanthropy akan merencakan konsep cafe yang berada di kios Food Plaza, dimana merupakan food court yang tiap harinya dikunjungi oleh berbagai konsumen dari lokasi yang berbeda-beda dan memiliki suasana yang sangat ramai. Menu yang ditawarkan adalah berbagai macam makanan dan minuman yang menggunakan bahan baku nabati tanpa adanya unsur hewani.. Visi dari Philanthropy adalah “menjadi cafe yang memberikan cita rasa unggul dari sajian 100% nabati yang kreatif dan inovatif”. Misi dari Philanthropy adalah: 1) Memberikan pelayanan yang bersifat informatif sekaligus memuaskan. 2) Memberikan berbagai informasi inovasi terbaru dari menu dan bahan-bahan yang digunakan dalam Philanthropy. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis, terdapat beberapa pesaing langsung yang akan dihadapi oleh Philanthropy, yaitu Fortunate Coffee dan Nekarabo Coffee N Roastery yang letaknya cukup dekat dengan lokasi pendirian Philanthropy. Target pasar dari Philanthropy adalah target dari Philanthropy adalah konsumen yang berumur 20 – 60 tahun dikarenakan diumur tersebut merupakan batasan umur yang masih produktif, baik yang belum berkeluarga maupun sudah berkeluarga. Rencana pemasaran dan promosi yang akan dilakukan oleh Philanthropy adalah melalui standing banner yang akan dipasang di depan kios dan melakukan posting segala info terbaru melalui akun Instagram Philanthropy. Kebutuhan dana yang diperlukan oleh Philanthropy selama 5 tahun adalah sebesar Rp 632.199.291,00, dimana dana terbagi atas kas sebesar Rp 100.000.000,00, sewa kios sebesar Rp 488.408.000,00, dan pembelian peralatan sebesar Rp 43.791.291,00. Proyeksi penjualan pada tahun 2018 yaitu tahun pertama beroperasinya Philanthropy adalah sebesar Rp 669.296.622.00, dengan laba kotor sebesar Rp 120.423.124.00. Pajak yang harus dibayarkan pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 6.692.966,00, sehingga dapat diperkirakan bahwa laba bersih (EAT) yang dihasilkan oleh Philanthropy pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 113,730,158,00. Pada tahun 2018 Philanthropy mengalami BEP pada angka Rp 524.795.333,00 pada tingkat pada penjualan Rp 601.799.195,00. Pada tahun 2019 BEP Philanthropy sebesar Rp 576.000.590,00 pada tingkat penjualan Rp 661.979.115,00. Pada tahun 2020 BEP Philanthropy sebesar Rp 632.326.372,00 pada tingkat penjualan Rp 728.177.026,00. Pada tahun 2021 BEP Philanthropy sebesar Rp 694.284.734,00 pada tingkat penjualan Rp 800.994.729,00 dan pada tahun 2022 BEP Philanthropy sebesar Rp762.438.930,00 pada tingkat penjualan Rp 881.094.202,00. Nilai NPV positif selama 5 tahun sebesar Rp 109.427.296,00. Hasil NPV positif ini menunjukkan hasil investasi lebih besar dari tingkat pengembalian yang diminta. Penilaian investasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dilakukan dengan menghitung Internal Rate of Return yaitu sebesar 21,21% lebih dari 11.71% yang berdasarkan tingkat suku bunga pinjaman. Philanthropy mampu memperoleh investasi awalnya kembali dalam kurun waktu 3 tahun 1 bulan 6 hari, maka dapat disimpulkan bahwa usaha Philanthropy ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:08
Last Modified: 22 Apr 2021 03:08
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item