Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Ayo Jaga Keluarga dan Bangsa Indonesia Dengan Mencegah Penularan COVID-19 / Kenji Dharmawan T / 68160044 / Pembimbing: Imam Nuraryo

Dharmawan, Kenji (2021) Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Ayo Jaga Keluarga dan Bangsa Indonesia Dengan Mencegah Penularan COVID-19 / Kenji Dharmawan T / 68160044 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat mengakibatkan teknologi informasi menarik untuk diamati, tidak terkecuali media massa yang digunakan sebagai sarana informasi yang berperan penting dalam masyarakat. Berbagai persoalan yang terdapat dalam media saat ini yang dilandasi oleh ideologi penguasa. Salah satunya berita mengenai COVID-19 yang sudah beredar dimana-mana. Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan layanan masyarakat tentang COVID-19. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Yang dimana didalamnya terkadunng tiga makna, yaitu, Denotasi, Konotasi dan Mitos. Makna Denotasi adalah makna yang sesuai dengan hasil observasi menurut penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan atau pengalaman lainnya. Makna Konotasi adalah aspek makna sebuah atau sekelompok kata yang didasarkan atas perasaan atau pikiran yang timbul atau ditimbulkan pada pembicara (penulis) dan pendengar (pembaca). Sedangkan makna Mitos adalah menjelaskan atau memahami beberapa aspek tentang realitas atau gejala alam. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua jenis data. Yaitu data primer dan sekunder. Data Primer adalah data yang di peroleh langsung dari subjek penelitian. Sedangkan data sekunder didapat dari sumber yang dapat mendukung penelitian antara lain, literature, internet serta penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan data disini menggunakan Observasi, Dokumentasi, Studi Pustaka dan observasi pasrtisipasi Pasif. Teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan semiotika Roland Barthes. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos. Pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa Iklan Televisi Layanan Masyarakat “Ayo jaga keluarga dan Bangsa dengan mencegah penularan COVID-19” yang diartikan penulis bahwa virus dapat menular melalui kegiatan kita sehari-hari. Hal ini sudah sesuai dengan yang digambarkan pada iklan serta makna yang diajarkan pada teori Roland Barthes. Peneletian ini menunjukan bahwa dari makna denotasi, melakukan pengambilan gambar di empat lokasi yang berbeda. Makna Konotasi, disetiap scene diberitahu bahwa virus dapat menyebar di kegiatan sehari-hari kita. Makna Mitos, Karena pada dasarnya banyak masyarakat yang menganggap hal-hal atau kejadian tersebut tidak dapat menyebarkan virus, selain kita berkontak langsung seperti berjabat tangan atau berpelukan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Iklan dan Periklanan; Media Sosial; Media Massa; Semiotika; Broadcasting
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Jun 2021 08:03
Last Modified: 14 Jun 2021 08:03
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item