Pendirian Bisnis Stand Ceker Pedas “CEK.CUP” di Bekasi / Melisa Permata Sari / 71130472 / Pembimbing: Bernadine

Sari, Melisa Permata (2017) Pendirian Bisnis Stand Ceker Pedas “CEK.CUP” di Bekasi / Melisa Permata Sari / 71130472 / Pembimbing: Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
AWAL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (747kB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (990kB)
[img] Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
BAB 4.pdf - Published Version

Download (874kB)
[img] Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (888kB)
[img] Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
BAB 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
BAB 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
BAB 9.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (636kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CEK.CUP adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang khusus menjual camilan. Konsep bisnis dari CEK.CUP ialah menyediakan camilan berbahan dasar ceker ayam dengan cita rasa khas. Selain itu, produk CEK.CUP memiliki suatu konsep camilian tulang lunak sehingga mudah untuk dinikmati dan topping (tambahan) keju mozzarella sebagi penambah dan penguat cita rasa. Usaha ini memiliki visi“Menciptakan tren makan ceker ayam sebagai camilan yang unggul akan kualitas cita rasa dan modern.” Misi CEK.CUP adalah Konsisten memproduksi camilan yang aman dengan bahan yang berkualitas, membangun citra yang modern melalui kemasan danpromosi yang menarik salah satunya dengan pemanfaatan media sosial, memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas bagi customer terutama dalam hal penyajian, dan memantau potensi market untuk mengadakan inovasi produk. Produk yang ditawarkan CEK.CUP berbahan utama ceker ayam yang diolah dengan bubum pedas yang khas dan proses prestos untuk menghasilkan ceker ayam dengan tulang lunak, sehingga mudah untuk di nikmati. Jenis kuliner yang ditawarkan adalah camilan ceker ayam dengan topping (tambahan) keju mozzarella dan cita rasa pedas pada ceker ayam dapat merangsang atau membangkitkan selera makan para konsumen. Pesaing merupakan hal yang wajar dan pasti akan dihadapi oleh setiap pebisnis. Perusahaan membutuhkan informasi-informasi mengenai data perusahaan pesaing guna merencanakan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk bersaing secara efektif. Pesaing dari CEK.CUP adalah Ceker Pedas Bang Fais dan Ceker Ranjau Ayam Pedas. Dari analisis Competitive Profile Matrix (CPM), CEK.CUP memperoleh poin sebesar 3,67, sedangkan untuk Ceker Ranjau Ayam Pedas memperoleh poin sebesar 3,14 (dibawah CEK.CUP) dan Ceker Pedas Bang Fais memperoleh poin sebesar 2,51 (dibawah CEK.CUP dan Ceker Ranjau Ayam Pedas). CEK.CUP memiliki kekuatan dibanding pesaing yaitu inovasi Produk, kualitas pelayanan, desain tempat, kebersihan, cita rasa. CEK.CUP memiliki target konsumen dari usia remaja sampai dengan orang tua usia 12 tahun hingga 50 tahun, di mana remaja yang mendapatkan penghasilan uang jajan dari orang tuanya, orang dewasa yang sudah memiliki pekerjaan dan pendapatan, serta orangtua yang senang dengan mengkonsumsi ceker ayam sebagai camilan. Untuk lokasi pembuatan usaha pertama kali adalah di Bekasi, serta tidak menutup kemungkinan untuk membuka cabang di kota atau di daerah lain. Media sosial yang digunakan oleh CEK.CUP adalah facebook dan instagram. Facebook dan Instagram CEK.CUP berisi tentang informasi seputar CEK.CUP, promo-promo menarik, dan event yang di adakan oleh CEK.CUP pada waktu tertentu. Hal tersebut dilakukan CEK.CUP dengan tujuan agar dapat menarik perhatian konsumen sehingga konsumen mengetahui segala informasi yang terbaru mengenai CEK.CUP. Strategi yang satu ini adalah dengan menggunakan cara promosi dari mulut ke mulut di mana pada tahap awal promosi pemilik usaha memperkenalkan CEK.CUP kepada orang-orang terdekat seperti saudara da teman-teman, sehingga promosi akan berantai ke orang lain yang adalah kerabat dari saudara atau teman pemilik selanjutnya akan terus terpromosi ke telinga masyarakat konsumen. Tim manajemen CEK.CUP terdiri dari manajer yang merupakan pemilik, staf produksi yang bertugas mengelolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi, staf penjualan yang bertanggung jawab atas semua pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, dan staf administrasi yang bertugas membuat pembukuan CEK.CUP dan membantu manajer untuk mengawasi kegiatan selama jam operasional. Penulis telah melakukan berbagai macam analisis keuangan untuk menentukan apakah usaha CEK.CUP layak untuk dijalankan. Analisis keuangan yang dilakukan yaitu nilai BEP, net present value ( NPV ), internal rate of return ( IRR ), dan payback period ( PP ). Hasilnya diperoleh bahwa pada BEP nilai Sales lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan, untuk NPV didapat yaitu Rp. 140.153.312, untuk IRR sendiri diperoleh nilai sebesar 19,74% lebih besar dari tingkat bunga yang telah ditetapkan sebesar 11,36%, sedangkan untuk Payback Period diperoleh 3 tahun 3 bulan 16 hari dengan batas maksimal 5 tahun. Kesimpulan dari analisis kelayakan keuangan ini adalah bisnis CEK.CUP layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:07
Last Modified: 01 Oct 2021 03:07
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item