Apriyadi, Hartanto (2017) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Media Penampung Saran dan Keluhan dengan Menggunakan SMS Gateway pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas / Hartanto Apriyadi / 45130085 / Pembimbing: Elis Sondang Dasawaty Tampubolon. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (977kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text (Bab 2 Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version Download (822kB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Sistem Yang Berjalan)
BAB III.pdf - Published Version Download (395kB) |
|
Text (Bab 4 Perancangan Sistem Yang Diusulkan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (453kB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
originalitas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
|
Text (Resume)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas proses pemberian informasi kepada wajib pajak masih diberikan menggunakan SMS. Sehingga, dibutuhkan aplikasi SMS yang dapat mempermudah pegawai dalam memberikan informasi melalui SMS kepada wajib pajak. Di dalam Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas juga belum memiliki media penampung saran dan keluhan dari wajib pajak. Saran dan keluhan ini diperlukan oleh Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Sistem Informasi Media Penampung Saran dan Keluhan dengan Menggunakan SMS Gateway ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Mysql untuk pengelolaan basis data. Dalam hal gateway antara komputer dan modem digunakan aplikasi gammu sebagai perantaranya. Aplikasi SMS Gateway inilah yang akan mengelola SMS masuk dan keluar seperti saran dan keluhan dari wajib pajak. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi langsung di lapangan. Dalam memberikan informasi berupa SMS dan menampung saran dan keluhan dari wajib pajak di lingkungan Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas masih bersifat konvensional. Penelitian ini menghasilkan sebuah program sistem informasi SMS Gateway untuk mengirimkan informasi SMS secara efektif dan efisien serta dapat menampung saran atau keluhan yang diberikan oleh wajib pajak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi SMS Gateway dapat memudahkan pegawai pelayanan untuk memberikan informasi melalui SMS secara cepat. Sistem ini juga menjadi penampung saran dan keluhan yang baik karena terdapat daftar dan laporan yang jelas dan terperinci. Saran untuk sistem informasi SMS Gateway ini adalah untuk memastikan semua perangkat terpasang dengan baik dan melakukan pemeliharaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Sistem; Komputer-Pemrograman; Komputer-Software; Manajemen-Sistem Informasi |
Subjects: | W Computer Science > Web Based - Decision Support Systems (DSS) W Computer Science > Computer Programming and Programs W Computer Science > Computer - Software W Computer Science > Data Structures W Computer Science > Database Management |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 06:46 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 06:46 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2292 |
Actions (login required)
View Item |