Thalip, Della Susiani (2017) Rencana Bisnis Pendirian Bisnis One-Stop Online Shopping Gadget Accessories “PAPUPO” di Jakarta / Della Susiani Thalip / 77130238 / Pembimbing: Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version Download (590kB) |
|
Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
Bab 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
Bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
Bab 4.pdf - Published Version Download (867kB) |
|
Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
Bab 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
Bab 6.pdf - Published Version Download (820kB) |
|
Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
Bab 7.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Risiko Usaha)
Bab 8.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
Bab 9.pdf - Published Version Download (724kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (631kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version Download (899kB) |
Abstract
PAPUPO adalah bisnis yang bergerak dalam bidang gadget accessories. PAPUPO memasarkan produknya secara online melalui website www.papupostore.com, akun media sosial seperti Instagram dan Facebook, serta melalui platform marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Kantor sekaligus gudang PAPUPO akan terletak di Jl. Agung Utara 4 blok A36D no. 15, Sunter Agung, Jakarta Utara. PAPUPO memiliki visi “Become Market Leader of Fancy Gadget Accessories Online Shopping in Indonesia”. Produk yang ditawarkan oleh PAPUPO adalah berbagai jenis aksesoris gadget seperti ring hp, popsocket, pengikat kabel, pelindung kabel, dan sticker charger. Seperti halnya bisnis yang lain, diperlukan srategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dan produk yang ditawarkan sebuah usaha. Untuk itu PAPUPO endorsement, market place, diskon bagi reseller, system loyalty point melalui website dan pembagian souvenir. Sebagai usaha yang profesional, dibutuhkan sumber daya manusia yang juga turut memberikan dampak positif bagi usaha. Saat ini direncanakan karyawan PAPUPO akan berjumlah enam orang yang terdiri dari satu orang manajer, dua orang bagian penjualan, satu orang bagian admin, dan dua orang bagian operasional. Investasi awal yang dibutuhkan PAPUPO sebesar Rp 1.018.590.230 yang digunakan untuk biaya modal, biaya packaging, perlengkapan, peralatan, biaya website, sewa gedung, dan cadangan kas. Investasi awal ini berasal dari orangtua dan tabungan pribadi. Perkiraan performa laporan laba rugi selama 5 tahun ke depan yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2022, PAPUPO menghasilkan laba yang meningkat setiap tahunnya. Dilihat dari performa laporan arus kas, arus kas akhir pada tahun pertama bernilai positif dan diikuti kenaikan secara konstan di tahun berikutnya. Sedangkan hasil dari perhitungan dengan menggunakan penilaian kelayakan investasi adalah layak dengan menghasilkan NPV sebesar Rp 380.318.099 dengan menggunakan tingkat suku bunga deposito sebesar 13,01%. Nilai IRR yang didapat dari hasil perhitungan adalah sebesar 23,85% dimana nilai tersebut lebih besar dari pada Rate of Return yang diharapkan yaitu sebesar 13.01%. Selain itu, diketahui periode pengembalian investasi adalah selama 3 tahun 4 bulan 28 hari. Dari hasil perhitungan-perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis pendirian usaha PAPUPO layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Pemasaran-Internet; Bisnis Belanja Online |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HF Commerce (Trade) > Marketing Channels H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2706 |
Actions (login required)
View Item |