Studi Kasus Komodifikasi Goyang Caesar Pada Program Televisi Yuk Keep Smile / Moulini Monica Adam / 68100589 / Pembimbing : Rizal Yusacc

Adam, Moulini Monica (2014) Studi Kasus Komodifikasi Goyang Caesar Pada Program Televisi Yuk Keep Smile / Moulini Monica Adam / 68100589 / Pembimbing : Rizal Yusacc. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (968kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (883kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RESUME.pdf

Download (954kB)

Abstract

Media modern saat ini bukan lagi bergerak sebagai institusi sosial saja melainkan juga institusi ekonomi. Ada kepentingan untuk mendapatkan untung dari segala produk yang dijual. Produk tersebut berupa konten yang disuguhkan kepada masyarakat dan diharapkan dapat laku dimasyarakat. Saat konten diproduksi, terdapat suatu proses dimana produk tersebut dikemas sedemikian rupa agar memiliki nilai tukar. Proses ini dinamakan komodifikasi. Penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi goyang Caesar pada program televisi Yuk Keep Smile. Pada teori komodifikasi disebutkan adanya hubungan antara komodifikasi dan komunikasi yang saling mempengaruhi dalam dua dimensi. Selain itu, dikatakan juga bahwa komodifikasi dalam media terdapat tiga bagian komoditas yang penting untuk diperhatikan, yakni komodifikasi konten, khalayak dan pekerja media (Mosco, 2005: 133). Ketiga hal inilah yang menjadi acuan untuk memahami dan melihat mengenai bagaimana proses komodifikasi dalam suatu produk media yang dijual pada khalayak. Komodifikasi memperlihatkan mengenai proses bagaimana produk kultural dikemas sesuai dengan kepentingan pasar. Komodifikasi ini harus dipahami oleh khalayak media agar dapat lebih memilah konten yang dikonsumsi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana informasi didapatkan dari wawancara mendalam kepada pihak Trans TV. Pihak tersebut ialah produser dan tim kreatif dari program Yuk Keep Smile. Selain itu, wawancara juga dilakukan kepada artis dari Goyang Caesar itu sendiri serta penonton yang menikmati Goyang Caesar ini untuk memperoleh data yang relevan. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa komodifikasi pada goyang Caesar mencakup ketiga bagian komodifikasi dalam media. Goyang Caesar merupakan konten berupa elemen dalam program yang dibangun secara bertahap oleh tim kreatif dan produser. Animo yang tinggi oleh penonton yang berhasil didapatkan praktis memberikan rating yang tinggi kepada Caesar. Rating serta animo dari penonton berhasil memancing pengiklan untuk memasangkan iklan pada program YKS serta memakai Caesar sebagai bintang iklan televisi produknya. Terakhir, Para pekerja media juga menyadari betul keberadaannya sebagai komoditi dalam industri media. Dapat disimpulkan bahwa secara umum terdapat proses perubahan nilai budaya menjadi nilai tukar yang dilakukan oleh tangan-tangan media. Nilai budaya yang murni dibawa oleh Caesar sebagai orang yang menyukai dangdut dan menyukai joged dangdut. Selanjutnya, dengan kejelian mata seorang tim kreatif, Caesar ”dikemas” hingga akhirnya menjadi trade mark tersendiri yang menguntungkan program Yuk Keep Smile dan Trans TV.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Televisi dan Penyiaran; Industri Pertelevisian; directing; controlling; Broadcasting; Interaksi Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:32
Last Modified: 16 Mar 2022 05:32
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item