Pribady, Nathania (2016) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI / Nathania Pribady / 25120085 / Pembimbing: Abdulah Rakhman. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (662kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (883kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (814kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (743kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia ekonomi terutama bisnis, perusahaan berharap usahanya berlangsung dalam jangka yang panjang. Perusahaan yang ingin berkelanjutan harusnya fokus pada hubungan internal dan eksternal yaitu keadaan sosial perusahaan dengan stakeholder atau lebih dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility. Corporate social responsibility merupakan gagasan yang menjadikan perusahaan dihadapkan pada tanggung jawab yang berlandaskan pada triple bottom line yaitu mengejar profit/ nilai perusahaan yang direfleksikan melalui kondisi keuangan, memperhatikan dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat atau karyawan (people) dan turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet). Teori Legitimasi menyatakan untuk diterima masyarakat, perusahaan harus mengungkapkan aktivitas sosial perusahaan sehingga menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Teori Pemangku Kepentingan menekankan mengenai akuntabilitas organisasi jauh melebihi kinerja keuangan. Teori Sinyal membahas adanya dorongan perusahaan untuk mengungkapkan informasi kepada pihak eksternal disebabkan adanya asimetri informasi antara manajemen dengan pihak eksternal. Kinerja ekonomi suatu perusahaan yang baik akan berdampak positif pada hubungan pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dari tahun 2010-2013 dengan jumlah 24 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode studi pengamatan terhadap data sekunder. Data corporate social responsibility disclosure, nilai perusahaan dan profitabilitas diperoleh dari laporan tahunan dan ICMD. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas mampu memperkuat hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Serta, profitabilitas sebagai variabel moderating mampu memperkuat hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Variabel Moderating; triple bottom line; akuntabilitas organisasi; Perusahaan Manufaktur |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance H Social Sciences > HG Finance > Financial Report H Social Sciences > HG Finance > Liquidity H Social Sciences > HG Finance > Profits |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:49 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:49 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |