Pengaruh Motif Penggunaan Akun Instagram Terhadap Kepuasan Followers Akun @Dotaindonesia2 / Kenny / 62160314 / Advisor: Dyah Nurul Maliki,

Kenny, Kenny (2021) Pengaruh Motif Penggunaan Akun Instagram Terhadap Kepuasan Followers Akun @Dotaindonesia2 / Kenny / 62160314 / Advisor: Dyah Nurul Maliki,. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (846kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftarpusaka.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (913kB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi dari tahun ke tahun, dengan era sekarang ini smartphone di ciptakan dengan banyak kemampuan. Pada saat ini manusia menggunakan smartphone adalah bagian dari kebutuhan dan membantu menjalani kehidupan sehari-hari. Penggunaan smartphone karena adanya media massa yang mudah diakses. Salah satu jenis media massa baru karena perubahan teknologi adalah adanya new media. Blog, website atau laman berita khusus, video streaming, dan berbagai media lain yang dapat mentransfer informasi dengan mudah ke mana pun. Dalam penelitian ini teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori Uses and gratification. Uses-and-gratifications (U & G) merupakan salah satu teori yang banyak digunakan dalam penelitian tentang penggunaan media. Teori ini memberikan perhatian pada apa yang dilakukan khalayak terhadap media. Teori yang awalnya dikembangkan Kazt dan Gurevic memiliki banyak perkembangan khususnya pada konsep gratifikasinya. Perkembangan yang pesat ini muncul setelah berkembangnya media baru atau internet. Tulisan ini mengkaji state of the art teori tersebut pada 13 tahun terakhir. Hasilnya menunjukkan bahwa teori tersebut sering dijadikan teori inti dalam kajian penggunaan media. Adakalanya beberapa penelitian memadukan teori tersebut dengan Teori Media Dependency. Kendatipun berbeda dalam hal asumsi dan konsepnya, kedua tersebut memiliki kesamaan dalam hal titik fokusnya yang memusatkan kajian pada khalayak, dan sama dalam hal tradisi teorinya yaitu sosiopsikologis. Konsep gratifikasi teori ini cenderung semakin beragam. Media yang memenuhi kebutuhan khalayak mengalami perkembangan dari media tradisional ke media baru (internet), bahkan ke aplikasi tertentu. Pendekatan penelitian yang digunakan umumnya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei (acapkali didukung juga dengan pendekatan kualitatif). Survei yang dilakukan umumnya sudah lazim dilakukan secara online. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Metode analisis isi kuantatif deskriptif merupakan penelitian yang menggambarkan dan melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang sebagaimana adanya berdasarkan fakta-fakta. Dengan hasil yang menekankan pada gambaran secara objektif mengenai keadaan sebenarnya dari objek penelitian. Peneliti menggunakan metode ini untuk mengetahui seberapa besar atau ada tidaknya pengaruh motif dan kepuasaan makna dalam kalimat tersebut akan mewakili suatu gambaran bahwa dalam akun Instagram ini mempunyai pandangan dalam dunia gim khususnya gim dota2. Kata kunci :

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, Motif, Kepuasan; Media Sosial; Instagram; Followers; @Dotaindonesia2
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:39
Last Modified: 20 Sep 2022 06:39
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item