Jessica, Jessica (2015) Pengaruh Emosi Positif terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan dan Daya Tarik Pengecer pada Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara / Jessica / 24110103 / Pembimbing: Dergibson Siagian. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (722kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (763kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (447kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (568kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text (RESUME)
Resume .pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Fenomena menjamurnya gerai ritel di Indonesia sudah tidak mengherankan lagi. Menjamurnya gerai ritel di Indonesia disebabkan pentingnya pemenuhan kebutuhan hidup untuk sehari-hari dan disebabkan juga adanya pergeseran kebiasaan belanja masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern. Fenomena ini dimanfaatkan oleh Lotte Mart untuk turut bersaing dengan gerai ritel lain di Indonesia. Lotte Mart mengalami pertumbuhan yang pesat hingga saat ini meskipun tidak dapat dipungkiri adanya persaingan dengan gerai ritel lain. Untuk bertahan dalam persaingan yang ada, dibutuhkan strategi pemasaran salah satunya dengan menciptakan emosi positif yang akan menimbulkan kesan menarik kepada konsumen, mempengaruhi kepuasan konsumen hingga berujung pada loyalitas terhadap pengecer. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Emosi Positif terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan dan Daya Tarik Pengecer pada Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi dari emosi positif, kepuasan pelanggan terhadap pengecer, daya tarik pengecer, dan loyalitas pelanggan beserta dengan indikator-indikatornya. Kemudian didukung teori mengenai hubungan antara emosi positif dengan kepuasan pelanggan, emosi positif dengan daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan dengan daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan, daya tarik pengecer dengan loyalitas pelanggan, dan emosi positif dengan loyalitas pelanggan. Obyek dari penelitian ini adalah Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data dan untuk penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah model persamaan struktural (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan WarpPLS 4.0. Output yang dihasilkan WarpPLS 4.0 menunjukkan bahwa emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik pengecer baik langsung maupun melalui kepuasan pelanggan terhadap pengecer, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan baik langsung maupun melalui daya tarik pengecer, daya tarik pengecer berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan emosi positif berpengaruh positif secara tidak langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan terhadap pengecer maupun daya tarik pengecer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada telah terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik yang secara langsung maupun yang secara tidak langsung.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emosi Positif; Loyalitas Pelanggan; Kepuasan dan Daya Tarik Pengecer; Lotte Mart |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:20 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3796 |
Actions (login required)
View Item |