Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan GoPay / Jose Wylie Widodo / 28180352 / Pembimbing : Morryessa Brandinie

Widodo, Jose Wylie (2022) Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan GoPay / Jose Wylie Widodo / 28180352 / Pembimbing : Morryessa Brandinie. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (667kB)

Abstract

Salah satu fenomena yang terjadi pada era ekonomi digital saat ini adalah uang elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini mengacu kepada hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Persepsi kegunaan menurut Davis (1989) adalah sebagai sejauh mana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tertentu akan meningkatkan kinerja pekerjaannya. Persepsi kemudahaan menurut Davis (1989) didefinisikan sebagai yang sejauh mana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tertentu akan bebas dari usaha. Menurut Kotler & Keller (2016) loyalitas adalah komitmen yang dipegang teguh untuk membeli kembali atau berlangganan kembali produk atau layanan yang disukai di masa depan meskipun pengaruh situasional dan upaya pemasaran berpotensi menyebabkan perilaku beralih. Objek penelitian ini adalah GoPay yang merupakan aplikasi yang menyediakan sistem pembayaran secara elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan judgemental sampling. Total akhir sampel yang didapatkan yaitu 116 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier ganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel persepsi kegunaan dan variabel persepsi kemudahan jika digunakan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penilitian ini adalah persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan persepsi kemudahan memiliki pengaruh posiftif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan; Loyalitas Pelanggan; Ekonomi Digital; Uang Elektronik; Aplikasi Digital; Jasa Transportasi; GoJek; Gopay
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Market Research
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:50
Last Modified: 20 Jan 2023 07:50
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item