Analisis Penilaian Materialitas dalam Laporan Keberlanjutan: Studi Kasus pada Sektor Consumer Goods Go Public Tahun 2020 / Calvin Restu Junior Sungloria / 36189074 / Pembimbing : Carmel Meiden

Sungloria, Calvin Restu Junior (2022) Analisis Penilaian Materialitas dalam Laporan Keberlanjutan: Studi Kasus pada Sektor Consumer Goods Go Public Tahun 2020 / Calvin Restu Junior Sungloria / 36189074 / Pembimbing : Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Pada era sekarang ini, perusahaan harus berfokus pada triple line bottom dalam menjalankan usahanya. Manufaktur merupakan salah satu industri terbesar di dunia. Salah satu industri yang perkembangannya sangat pesat dan berkaitan erat dengan masyarakat dan lingkungan adalah industri Consumer Goods . Dengan ikatan hubungan antara sektor Consumer Goods dengan masyarakat serta lingkungan tidak serta merta menghilangkan fenomena negatif pada pelaksanaan kegiatannya. Beberapa kasus berkaitan dengan lingkungan ditemukan pada perusahaan consumer goods. Oleh karena itu diperlukan Sustainability Report sebagai komitmen perusahaan akan kinerja perusahaan yang berkelanjutan. Dalam penelitian ini teori-teori yang dijadikan pedoman adalah teori pemangku kepentingan, teori legitimasi, teori agensi serta standar penyusunan laporan keberlanjutan. Tinjauan terdahulu yang menjadi acuan dalam penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif dengan tema materialitas, pengungkapan Sustainability Report dengan standar GRI serta CSR sebagai variable independen ataupun dependen. Obyek pada penelitian ini terdiri atas 9 perusahaan sektor consumer goods dari berbagai negara. Desain penelitian diterapkan adalah studi kasus dengan variabel penelitian penilaian materialitas. Metode penelitian dilakukan dengan memakai metode kualitatif deksriptif dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan hasil analisis dengan berpedoman pada teori sebagai acuan dalam penelitian dalam hal cara perusahaan dalam mendefinisikan materialitas, melibatkan peran pemangku kepentingan, serta masalah material apa saja dapat diidentifikasi. Unit analisis yang digunakan adalah laporan keberlanjutan dari masing-masing perusahaan tahun 2020. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan analisis pada data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, serta melakukan penarikan kesimpulan. Materialitas bagi sektor consumer goods didefinisikan sebagai hal penting dalam sebuah pengungkapan laporan keberlanjutan serta menjadikan materialitas sebagai topik prioritas yang memiliki dampak signifikan. Pemangku kepentingan yang memiliki andil besar dalam pada perusahaan adalah karyawan dan investor. Masalah material tingkat tinggi yang menjadi isu paling lazim pada perusahaan berkaitan dengan isu sosial. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penilaian materialitas oleh sektor consumer goods sudah cukup baik, namun masih memiliki banyak ruang maupun upaya agar dapat ditingkatkan lagi dalam penilaian berikutnya. Bagi emiten yang sudah menerapkan penilaian materialitas dengan baik agar kiranya dipertahankan dan untuk yang belum baik agar dapat ditingkatkan kembali.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemangku Kepentingan, Materialitas, Laporan Keberlanjutan; triple line bottom; Sustainability Report; teori pemangku kepentingan; teori legitimasi; teori agensi; standar penyusunan laporan keberlanjutan; Sektor Consumer Goods; Go Public; Tahun 2020
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:04
Last Modified: 17 Jan 2023 08:04
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item