Monica, Sherlin (2022) Pengaruh Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan pada Produk Somethinc di Wilayah Kelapa Gading / Sherlin Monica / 62180293 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (844kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (668kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (619kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (375kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (516kB) |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya jaman yang semakin pesat, masyarakat juga dituntut untuk lebih modern. Salah satu tuntutan modern nya adalah penampilan fisik, dimana penampilan fisik berperan penting dalam banyak situasi. Khususnya Wanita, kecantikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang penampilannya. Salah satunya adalah perawatan wajah yang disebut juga dengan Skincare. Somethinc berhasil menjadi termasuk salah satu brand kecantikan lokal yang banyak mencuri perhatian sejak pertama kali dirilis tahun 2019. (Hamzah, 2019) Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang pengaruh komunikasi word of mouth terhadap keputusan pembelian pelanggan pada produk Somethinc di wilayah Kelapa Gading. Penelitian ini terdapat 5 dimensi Word of Mouth yang dikemukakan oleh Sernovitz (2009) yaitu Talkers, Topics, Tools, Taking Part, dan Tracking. Serta 5 dimensi Keputusan Pembelian yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2017) yaitu Pengenalan Masalah, Pencarian Informasi, Evaluasi Alternatif, Keputusan Pembelian, dan Perilaku Pasca Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner di wilayah Kelapa Gading yang mengetahui, pernah membeli, dan yang merupakan pelanggan dari produk Somethinc sebanyak 135 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari uji analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (word of mouth) mempengaruhi variabel Y (keputusan pembelian) yaitu terdapat pengaruh komunikasi word of mouth terhadap keputusan pembelian pelanggan pada produk Somethinc di wilayah Kelapa Gading. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian variable word of mouth mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 74,6%, dan sisanya 25,4% di pengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi word of mouth berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian pelanggan pada produk Somethinc di wilayah Kelapa Gading ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh thitung (19.788) > ttabel (1.977692) dan hasil uji f diperoleh Fhitung (391.573) > Ftabel (3.91). Pada penelitian ini terdapat saran akademis yang dimana peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam pada keputusan pembelian dan word of mouth, serta saran praktis yaitu peneliti berharap penelitian ini menjadi masukan untuk perusahaan agar lebih meningkatkan performa perusahaan untuk dapat menimbulkan persepsi positif dimata konsumen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word of Mouth; Keputusan Pembelian; Somethinc; Produk Kecantikan; Talkers; Topics; Tools; Taking Part; Tracking |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 24 May 2023 07:20 |
Last Modified: | 24 May 2023 07:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4784 |
Actions (login required)
View Item |