Rencana Bisnis Pendirian Usaha Makanan Cepat Saji Hungry Bowl di Jl. Fachrudin, Jakarta Pusat / Michelle Chrestella / 78190079 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto

Chrestella, Michelle (2023) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Makanan Cepat Saji Hungry Bowl di Jl. Fachrudin, Jakarta Pusat / Michelle Chrestella / 78190079 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (939kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version

Download (991kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hungry Bowl merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang menyajikan makanan cepat saji berupa Rice bowl dengan berbagai varian rasa. Bisnis ini dijalankan dengan konsep cloud kitchen yang beroperasi secara online melalui aplikasi layanan pesan–antar. Lokasi usaha Hungry Bowl terletak di Jl. Fachrudin, Jakarta Pusat. Hungry Bowl memiliki visi yaitu “Menjadi penyedia makanan cepat saji nomor satu di Indonesia dengan kualitas cita rasa t inggi dan bergizi yang dapat di nikmati oleh semua orang”, dan memiliki misi untuk mendukung pencapaian visi, antara lain : Menghasilkan produk yang berkualitas dengan cita rasa tinggi ; Memberikan penawaran harga yang menarik melalui promo atau discount di marketplace, Memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga tingkat kepuasan dan kepercayaan konsumen; dan Terus berinovasi mengembangkan variasi menu makanan yang dapat disukai oleh banyak orang. Usaha Hungry Bowl termasuk dalam pasar persaingan sempurna dan memiliki pesaing potensial sebagai tolak ukur untuk melihat keunggulan dan kelemahan bisnis yaitu Bowls Two Go dan SEC Bowl. Target pasar Hungry Bowl adalah masyarakat di daerah perkotaan yaitu Jakarta Pusat, laki-laki atau perempuan, usia 7–60 tahun, kelas sosial menengah hingga keatas, memiliki gaya hidup praktis, serba cepat dan konsumtif, pengguna media sosial dan aplikasi layanan pesan antar. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat, Hungry Bowl menyusun berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan pangsa pasar seperti periklanan di media sosial menggunakan fitur ads dan jasa KOL, serta sales promotion berupa promo buy 1 get 1 dan promo bundling. Sumber daya manusia yang dibutuhkan Hungry Bowl berjumlah enam (6) orang yang terdiri dari 1 manajer, 2 koki / juru masak, 2 staf dapur, dan 1 staf pemasaran. Kebutuhan investasi awal Hungry Bowl adalah sebesar Rp 206.601.971. Dana tersebut akan digunakan untuk kas awal perusahaan, perlengkapan, peralatan, hak paten, dan image building. Investasi awal ini bersumber dari dana pribadi penulis. Dalam perhitungan analisis kelayakan usaha, Hungry Bowl memiliki prospek yang positif. Hal ini dilihat berdasarkan hasil analisis keuangan yang menunjukan bahwa Payback Period dalam waktu 1 Tahun 11 Bulan, Net Present Value mendapatkan hasil positif sebesar \ Rp 438.610.092, Hasil Profitability Index sebesar 3,12, hasil Internal Rate of Return lebih besar dari tingkat discount factor yaitu sebesar 64 %, dan hasil Break Even Point yaitu hasil penjualan per tahun Hungry Bowl lebih besar dari nilai Break Event Point. Hal ini menunjukan bahwa usaha Hungry Bowl layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Hungry Bowl; Pendirian Bisnis; Rice Bowl; Food and Beverages; Kuliner
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 27 May 2024 08:10
Last Modified: 27 May 2024 08:10
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item