Effendy, Vicky (2023) Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure: Meta Analisis / Vicky Effendy / 35190111 / Pembimbing: Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (561kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (643kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (579kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (371kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (489kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (694kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menghasilkan data search sebanyak 671 data article found. Sehingga penelitian ini mengintegrasikan hasil penelitian atas 36 selected articles yang dipublikasi untuk mengetahui pengaruh atas fakotr-faktor yang berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure dengan menggunakan metode penelitian studi meta analisis. Atas selected articles yang diamati terhadap variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional sebagai berikut 22 artikel atas variabel profitabilitas diantaranya 13 data sig dengan tingkat 59,09% dan 9 data tidak sig dengan tingkat 40,91%. Lalu 17 artikel atas variabel leverage diantaranya 9 data sig dengan tingkat 52,94% dan 8 data tidak sig dengan tingkat 47,06%. Kemudian 20 artikel atas variabel ukuran perusahaan diantaranya 16 data sig dengan tingkat 80% dan 4 data tidak sig dengan tingkat 20%. Dan 13 artikel atas variabel kepemilikan institusional diantaranya 9 data sig dengan tingkat 69,23% dan 4 data tidak sig dengan tingkat 30,77%. Berdasarkan teori agensi, calon investor dapat mengetahui hubungan antara manajemen dan pemilik modal atas konflik kepentingan yang terjadi pada perusahaan. Berdasarkan teori pemangku kepentingan, pemangku kepentingan pada perusahaan sangatlah luas bukan hanya pemegang saham, semua pemangku kepentingan berhak mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh informasi dari agen sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Berdasarkan teori legitimasi, kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitar harus ada hubungan timbal balik antara kesadaran perusahaan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan dan perolehannya bagi masyarakat,sehingga terbentuknya saling support dengan kondisi memberi dan menerima. Dan berdasarkan teori sinyal, perusahaan memberi sinyal pada laporan keuangan bagi para investor maupun publik untuk meningkatkan sentimen pasar dan nilai pemegang saham. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel yang dipublikasikan melalui jurnal-jurnal terkemuka dengan topik faktor-faktor yang berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure dengan periode publikasi antara 2012-2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 36 sampel. Data yang diolah merupakan data sekunder yang diperoleh melalui teknik observasi pada software PoP dan website SeforRa yang terdiri dari hasil statistik atas pengujian artikel. Untuk mengintegrasi hasil penelitian artikel dan mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional terhadap corporate social responsibility disclosure, peneliti menggunakan teknik meta analisis untuk melakukan pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti yang cukup bahwa variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Korelasi variabel independen terhadap variabel dependen yang lemah ditunjukkan dari nilai korelasi rata-rata di bawah 0.25. Kesimpulan dari penelitian ini dengan metode penelitian studi meta analisis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta Analisis, Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan; Kepemilikan Institusional; Corporate Social Responsibility Disclosure |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 09:34 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 09:34 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5009 |
Actions (login required)
View Item |