Steven, Steven (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Online Marketplace Tokopedia / Steven / 29190229 / Pembimbing: Abdullah Rakhman. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (542kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (665kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (562kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (614kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (378kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (380kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan berbelanja secara online merupakan suatu perubahan pola dan gaya hidup yang terjadi dikarenakan perkembangan teknologi internet. Kelebihan dan juga kemudahan yang ditawarkan dari berbelanja secara online sangatlah bermanfaat bagi segala kalangan baik yang muda maupun tua. Namun, dibalik dari kemudahan kegiatan berbelanja online terdapat kekurangan yang dapat merugikan juga bagi penggunanya seperti luasnya pasar dan banyaknya varian produk serupa yang ditawarkan dari setiap toko online yang berbeda, menyebabkan pengguna untuk memilah dan memilih produk dari toko mana yang akan dipilih. Salah satu aplikasi e-commerce yang menyediakan kegiatan berbelanja online dengan fitur tersebut adalah Tokopedia. Teori yang dipergunakan dalam penelitian ini mengenai online customer review, online customer rating dan keputusan pembelian. Terdapat dua jenis variabel didalam penelitian yakni variabel independen atau bebas yang terdiri atas online customer review dan online customer rating, serta variabel dependen atau terikat yang terdiri atas keputusan pembelian. Objek penelitian ini merupakan online marketplace Tokopedia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan alat bantu aplikasi google form. Jumlah populasi sampel yang diambil adalah sebanyak 120 responden dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis regresi linear ganda. Dalam penelitian ini didapati hasil yang menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian begitu juga dengan online customer rating yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran online customer review dan online customer rating yang dimiliki oleh online marketplace Tokopedia terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian: Marketplace: Tokopedia |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:41 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5093 |
Actions (login required)
View Item |