Pengaruh Efektivitas Social Media Marketing Instagram dan Popularitas Brand Ambassador EXO terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit Scarlett di Jakarta / Rachel Maureen Govenia / 73200094 / Pembimbing: Tony Sitinjak

Govenia, Rachel Maureen (2024) Pengaruh Efektivitas Social Media Marketing Instagram dan Popularitas Brand Ambassador EXO terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit Scarlett di Jakarta / Rachel Maureen Govenia / 73200094 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (747kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Di zaman yang serba modern dengan perkembangan teknologi yang ada, khususnya pada industri kosmetik dan produk perawatan kulit terus mengalami perkembangan mengikuti adanya kebutuhan dan masalah kulit yang dihadapi oleh manusia. Berbagai brand saling berlomba untuk menciptakan produk perawatan kulit yang dapat menarik perhatian konsumen serta dapat memenuhi kebutuhan serta mengatasi permasalahan kulit yang dialami oleh konsumen. Beragam strategi dilakukan untuk memasarkan produk perawatan kulit ke pasar yang lebih luas lagi. Salah satu brand lokal yang ikut serta bersaing untuk menciptakan produk perawatan kulit adalah Scarlett. Strategi yang digunakan Scarlett untuk mengenalkan produknya adalah dengan memanfaatkan pemasaran menggunakan media sosial khususnya Instagram serta melakukan kolaborasi dengan artis atau idola yang populer untuk dijadikan brand ambassador dari Scarlett. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori social media marketing yaitu proses pemasaran suatu produk menggunakan media sosial, kemudian Instagram yaitu aplikasi berbagi foto maupun video. Selain itu brand ambassador yaitu seseorang yang melakukan promosi dan dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian, dan keputusan pembelian yaitu keputusan akhir seseorang untuk melakukan pembelian suatu produk. Penelitian ini didukung oleh penelitian terdahulu yang memiliki teori yang berhubungan dan sesuai dengan penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah brand perawatan kulit Scarlett. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi komunikasi dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 125 responden yang pernah membeli produk perawatan kulit Scarlett dan berlokasi di Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling menggunakan metode convenience, dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi berganda menggunakan software IBM SPSS Statistic 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data menunjukkan bahwa Efektivitas social media marketing Instagram berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit Scarlett di Jakarta, yang artinya ketika social media marketing dilakukan dengan baik maka keputusan pembelian akan meningkat. Kemudian popularitas brand ambassador EXO tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit Scarlett di Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar brand Scarlett dapat selalu mempertahankan kualitas konten pemasaran yang diunggah pada media sosial Instagram, dan melakukan riset lebih mendalam sebelum menentukan brand ambassador sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Social Media Marketing Instagram; Popularitas Brand Ambassador; EXO; Keputusan Pembelian; Produk Perawatan Kulit; Scarlett
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Small Business - Management
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 23 Jun 2025 05:07
Last Modified: 23 Jun 2025 05:07
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item