Studi Virtual Etnografi Akun Instagram Kuliner @jktfoodbang / Devin Dharma / 60150176 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Dharma, Devin (2020) Studi Virtual Etnografi Akun Instagram Kuliner @jktfoodbang / Devin Dharma / 60150176 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (998kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek apa yang ditimbulkan kepada followers akun Instagram @jktfoodbang, setelah mencari informasi kuliner dari akun Instagram tersebut. Untuk mengetahui respon kognitif followers akun tersebut, untuk mengetahui respon afektif followers akun @jktfoodbang, dan untuk mengetahui respon behavioral followers akun Instagram tersebut. Teori yang digunakan adalah Teori Kesempurnaan media. Peneliti menggunakan Teori Kesempurnaan Media karena disini peneliti ingin melihat media baru atau new media dalam menyempurnakanan media sebelumnya, media baru pada kasus ini yang dimaksud peneliti adalah Instagram. Peneliti menggunakan Teori Kesempurnaan Media untuk melihat aspek dari komunikasi massa yang dibagi menjadi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek behavioral. Tiga unsur efek ini yang menentukan efektivitas dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara mendalam. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan ke-tujuh informan. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan terakhir adalah menarik kesimpulan dari apa yang diteliti. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media baru atau new media pada kasus ini Instagram, sangat efektif kepada khalayak khususnya followers akun Instagram @jktfoodbang dalam mencari informasi kuliner yang ada di Jakarta. Hal tersebut terjadi karena new media dapat menyempurnakan media-media yang sudah ada sebelumnya karena bersifat lebih mobile dan personal. Hal ini bisa dilihat dari ketiga aspek komunikasi massa yang memberikan aspek kognitif, afektif, dan behavioral secara langsung kepada followers akun Instagram tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh akun Instagram @jktfoodbang kepada para followers sudah terbilang sangat efektif. Karena pada hal ini menunjukan adanya efek kognitif, afektif, dan behavioraldari followers akun tersebut setelah melihat postingan informasi kuliner yang ada di Jakarta

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Etnografi; Media Sosial; Instagram; Psikologi-Aspek Perilaku Manusia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:17
Last Modified: 22 Oct 2020 08:43
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item